Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

Kepercayaan Sebagai Variabel Moderasi Kualitas Layanan terhadap loyalitas Pelanggan Online Shop

Detail
Author SETIYAWAN
ID 202.710.084
Published Date 24-07-2017

Abstract

KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ONLINE SHOP Setiyawan Abstrak Jumlah pembeli online di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, demikian juga jumlah toko online (online shop) di berbagai media online meningkat tajam, persaingan juga semakin intensif dan tidak dapat dihindarkan lagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan berpengaruh langsung terhadap Kepercayaan, dengan nilai koefisien bnata (?) 0,335. Selanjutnya, kualitas layanan memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas sebesar 0,332, sedangkan kepercayaan memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas sebesar 0,482. Dan masing-masing dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05 (?). berdasarkan hasil analisis jalur memperlihatkan pengaruh tidak langsung kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepercayaan yaitu (0,482 x 0,335) = 0,161, karena nilai koefisien beta 0,161 < 0,332, maka variabel kepercayaan tidak dapat memoderasi hubungan antara kualitas layanan terhadap loyalitas. Kata kunci: kepercayaan sebagai variabel moderasi, kualitas layanan dan loyalitas