Date: 28-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING(STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA)

Thesis Detail
Author LEONARDO CALVIN PAREIRA
Student's ID (NPK) K.2019.1.34934 (MANAJEMEN)
Subject PERBANKAN
Keyword MOBILE BANKING, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN
Page(s) 93
Submit Date 08-10-2024
Lecture(s) Dra.SITI MUNFAQIROH, M.Si.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Perkembangan teknologi internet ini diikuti pula oleh industri perbankan di Indonesia, peluang ini digunakan oleh bank-bank yang ada di Indonesia baik bank pemerintah maupun swasta. Perkembangan perbankan semakin mempermudah nasabah dalam menggunakan berbagai produknya kapan saja dan dimana saja. Namun, pada kenyataannya sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini belum menggunakan internet banking ataupun mobile banking. Hal ini dikarenakan karakter masyarakat Indonesia yang masih kurang percaya akan transaksi menggunakan mobile banking. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh persepsi masyarakat mengenai kemudahan yang diberikan oleh mobile banking itu sendiri. Selain itu persepsi masyarakat tentang keamanan dalam menggunakan mobile banking masih kurang sehingga menimbulkan kekhawatiran. Ketiga hal diatas merupakan penyebab pertumbuhan mobile banking menjadi cukup lambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang penerimaan para mahasiswa di STIE Malangkucecwara terhadap layanan mobile banking dalam rangka mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa STIE Malangkucecwara untuk menggunakan mobile banking. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Penelitian kausal menjelaskan pengaruh perubahan variasi nilai dalam suatu variabel terhadap variasi nilai variabel lain. Dalam penelitian kausal, variabel independen sebagai variabel sebab dan variabel dependen sebagai variabel akibat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan berpengaruh positif dan signifikan pada penggunaan mobile banking.

 

3.15.10.139