Date: 28-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN CASHLESS SOCIETY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z

Thesis Detail
Author DILLA PUTRI HARDANI
Student's ID (NPK) K.2020.1.35271 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, CASHLESS SOCIETY, PERILAKU KONSUMTIF.
Page(s) 90
Submit Date 06-09-2024
Lecture(s) LIDIA ANDIANI, S.E., M.M.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif , (2) Pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku konsumtif, (3) Pengaruh Cashless Society terhadap Perilaku Konsumtif. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di STIE Malangkucecwara yaitu seluruh mahasiswa STIE Malangkucecwara Angkatan 2020-2021 dengan jumlah 273 mahasiswa. Sampel penelitian adalah 73 mahasiswa,dengan menggunakan Teknik random sampling dan rumus slovin. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban yang diukur dengan skala likert. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Alat uji instrument penelitian berupa uji validitas,uji reliabillitas dan uji asumsi klasik . Selanjutnya, uji hipotesis dengan uji T dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan berpengaruh negative signifikan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z, (2) Gaya Hidup berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z, (3) Cashless Society berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z.

 

3.142.198.148