OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA HIKMAH MOTOR MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | DIMAS FIRMANSYAH RAHARJO |
Student's ID (NPK) | K.2011.1.31760 (MANAJEMEN) |
Subject | |
Keyword | KONSUMEN |
Page(s) | 71 |
Submit Date | 23-03-2015 |
Lecture(s) |
Drs. ALI LATING,MM. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Dealer Sepeda Motor “Hikmah Motor” Malang merupakan salah satu pemasar sepeda motor bekas yang ada di Malang sedang menghadapi persaingan yang cukup ketat dari perusahaan sejenis, bahkan Dealer resmi sepeda motor terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan lainnya juga melakukan jual beli sepeda motor bekas. Hal ni menimbulkan persaingan yang lebih tajam diantara perusahaan sejenis. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut diperlukan upaya untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat diantaranya adalah dengan menggunakan bauran promosi khususnya Marketing Public Relation dan sales promotion. Tujuan penelitian adalah (1) Menguji pengaruh secara simultan Marketing Public Relation dan Sales Promotion terhadap keputusan pembelian; (2) Menguji pengaruh secara parsial Marketing Public Relation dan Sales Promotion terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor bekas di Dealer Hikmah Motor Malang bulan Oktober – Nopember 2014 sebanyak 54 orang. jumlah populasi diambil sebagai sampel penelitian yaitu 54 orang sebagai sampel penelitian sehingga Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau sensus. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa MPR dan sales promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, artinya jika terjadi peningkatan aktivitas MPR dan sales promotion maka keputusan pembelian akan terjadi peningkatan. Dari hasil uji simultan, disimpulkan bahwa: (1) Marketing publick relation dan Sales promotion memiliki hubungan yang sangat erat dengan keputusan pembelian (nilai R = 0.800).(2) Besarnya sumbangan Marketing publick relation dan Sales promotion terhadap keputusan pembelian sebesar 64,1% dan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. (3) Hipotesis I (Marketing public relation (X1) dan sales promotion (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y)) dapat diterima (F hitung = 68.273 > F tabel = 3.18). Dari hasil uji parsial disimpulkan bahwa H2 dapat diterima: (1) Secara parsial Marketing publick relation mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah keputusan pembelian (t hitung = 2.617 lebih besar dari t tabel = 1,67528 pada probabilitas sebesar 0,012); (2) Secara parsial Sales promotion mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah keputusan pembelian (t hitung = 3.024 lebih besar dari t tabel = 1,67528 pada probabilitas sebesar 0,004 adalah kurang dari 0,05). Kata Kunci: Marketing Public Relation, sales promotion, keputusan pembelian13.59.212.110