Date: 20-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH POLITICAL VISIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP CSR (CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY) DISCLOSURE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REAKSI INVESTOR DENGAN MENGGUNAKAN UJI PARTIAL LEAST SQUARE (PLS)(STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR D

Thesis Detail
Author FARA DELLA FANDREISI
Student's ID (NPK) A.2011.1.31708 (AKUNTANSI)
Subject
Keyword TEORI AKUNTANSI
Page(s) 115
Submit Date 25-02-2015
Lecture(s) Drs. EDI SUDIARTO,MM.,Ak,CA.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur pengaruh political visibility (size dan tipe industri) dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social resposibility (CSR), serta dampaknya terhadap reaksi investor. Reaksi Investor dalam penelitian ini diukur dengan unexpected trading volume (UTV). Tujuan lain dari penelitian ini ialah mengkur pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Data dalam penelitian ini menggunakan 30 perusahaan Manufaktur yang listing di BEI tahun 2011 – 2013. Analisis data menggunakan Warp- PLS (Partial Least Square). Perusahaan sampel dalam penelitian ini dikelompokkan sesuai tipe industri. Terdapat dua kategori perusahaan menurut tipe industri yaitu high profile dan low profile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe industri dan profitabilitas berpengaruh secara langsung terhadap pengungkapan CSR perusahaan serta berpengaruh tidak langsung terhadap unexpected trading volume. Sedangakan variabel ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh secara langsung terhadap pengungkapan CSR perusahaan Manufaktur, serta tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap unexpected trading volume. Dan variabel CSR berpengaruh secara langsung terhadap unexpected trading volume.

 

10.3.234.128