Date: 19-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI HYPERMART MATOS

Thesis Detail
Author DEWI AGENG CIPTO
Student's ID (NPK) K.2005.1.29734 (MANAJEMEN)
Subject KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keyword HYPERMARKET, RITEL
Page(s) 109
Submit Date 16-09-2009
Lecture(s) Drs. TACHJUDDIN ,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Sampai saat ini kehidupan manusia tidak pernah lepas dari pasar, sebagai sarana tempat jual – beli untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Pada era globalisasi ini pasar tradisional berkembang menjadi pasar modern, yang mana pasar modern ini terbentuk dengan adanya tuntutan perkembangan jaman dan tuntutan gaya hidup konsumen yang mulai berkembang. Pasar modern diantaranya ada minimarket, supermarket dan hypermarket. Sebagian besar pemilik pasar modern ini adalah pengusaha besar. Saat ini Hypermarket berkembang sangat pesat ditengah – tengah masyarakat dan masyarakat sendiri menerima dengan baik kehadiran hypermarket itu sendiri. Karena konsep hypermarket yang menyajikan kenyamanan, tempat yang luas, layout penataan yang menarik, pelayanan yang cepat dan baik, lengkapnya produk kebutuhan masyarakat dari berbagai merek yang dijual serta pemilihan lokasi yang stategis dan kebanyakan berlokasi di Mall yang banyak dikunjungi orang, maka tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan hypermarket. Saat ini di kota Malang ada 3 hypermarket yang berdiri antara lain, Hypermart, Giant dan Carefour. Hypermarket pertama di Malang adalah Alfa gudang rabat yang pada awalnya sangat eksis dan berkembang dengan baik. Banyak masyarakat yang berbelanja dalam jumlah cukup besar di sana. Tapi lama kelamaan Alfa gudang rabat ini menurun dan dan mulai kehilanggan konsumennya. Pada setiap usaha ritel memiliki strategi pemasaran agar dapat menarik perhatian konsumen. Strategi dalam ritel adalah strategi bauran eceran yang mana dalam bauran ritel ini terdiri dari, fasilitas fisik, harga, produk, promosi, dan layanan. Diduga yang menyebabkan Alfa Gudang Rabat tidak dapat bertahan dalam persaingan dan kehilanggan pelanggannya yaitu disebabkan oleh kurangnya penerapan bauran ritel yang baik. Berbeda dengan Hypermart Matos yang berkembang dengan baik dan dapat bersaing dengan hypermarket – hypermarket yang lain. Disini penelitian yang yang diangkat berhubungan dengan bauran ritel yang diterapkan oleh Hypermart apa benar bauran ritel ini berpengaruh pada keputusan konsumen dalam berbelanja. Hasil penelitian dan hasil analisis menunjukkan bahwa bauran ritel berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja. Bauran ritel ini memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan belanja konsumen di Hypermart. Dan fasilitas fisik memberi pengaruh terbesar dalam hal ini karena sudah tepatnya penerapannya sedangkan pelayanan oleh Hypermart menjadi hal yang kurang, karena kurangnya penangganan yang baik dalam penangganan kritik dan saran, serta kurangnya kecepatan yang diberikan oleh Hypermart sehingga membuat konsumen menggu lama. O

 

18.217.1.165