OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA BANK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA NASABAH BANK DANAMON SIMPAN PINJAM CABANG PEMBANTU UNIT PASAR TUMPANG – MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | YOEDANA MARSETIYO |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.27960 (MANAJEMEN) |
Subject | BANK |
Keyword | PEBGARUH BAURAN PEMASARAN JASA BANK TERHADAP KEPUSAN KONSUMEN |
Page(s) | 82 |
Submit Date | 16-09-2009 |
Lecture(s) |
Dra. SRI INDRAWATI ,MM. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
BAB IV ABSTRAKSI PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA BANK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Nasabah Bank Danamon Simpan Pinjam Cabang Pembantu Unit Pasar Tumpang – Malang) Oleh: Yoedana. M/ K.2003.1.27960 Kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting dalam operasional bank, karena kepuasan nasabah merupakan kunci keberhasilan bank. Jika nasabah puas maka bank berhasil dalam operasionalnya, jika nasabah tidak puas maka bank perlu melakukan pembenahan dari berbagai bidang agar nasabah merasa puas. Hal tersebut dapat dilakukan pihak bank dengan menerapkan bauran pemasaran jasa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan hubungan bauran pemasaran jasa secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dan mengetahui faktor bauran pemasaran jasa yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah Bank Bank Danamon Simpan Pinjam Cabang Pembantu Unit Pasar Tumpang – Malang. Terdapat dua hipotesis yang dikemukakan, yaitu Hpotesis I: Diduga terdapat pengaruh dan hubungan secara simultan antara product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), customer service (X8) terhadap kepuasan nasabah (Y). Hipotesis II menduga product (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah (Y). Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 54 responden yang diambil 10% dari jumlah populasi yang ada (540 orang). Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa: (1) Besarnya pengaruh product, price, promotion, place, people, physical evidence, process, customer service terhadap kepuasan 96,7% dimana sisanya sebesar 3,3% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. (2) Hipotesis I yang dikemukakan dapat diterima, karena F hitung = 165,901 > F tabel = 2,16 pada p (probabilitas) = 0,000. (3) Secara parsial, peubah bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan karena memiliki nilai t hitung lebih besar dari t tabel. (4) Disimpulkan bahwa peubah product memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan jika dibandingkan dengan peubah bebas yang lain.3.14.144.145