Date: 19-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS EFEKTIFITAS STRATEGI BAURAN PROMOSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT KARYA BINA SENTAUSA MALANG

Thesis Detail
Author DANIEL SUTANTO
Student's ID (NPK) K.2005.1.29530 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PROMOSI, VOLUME PENJUALAN
Page(s) 121
Submit Date 16-09-2009
Lecture(s) IMAMA ZUCHROH ,M.Ec.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Efektifitas Strategi Bauran Promosi GunaMeningkatkan Volume Penjualan pada PT Karya Bina Sentausa Malang”. Adapuntujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor - faktor dalambauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, danpemasaran langsung) mempengaruhi volume penjualan produk di PT Karya BinaSentausa Malang dan juga untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruhdalam mempengaruhi penjualan tersebut. Pada penelitian ini diharapkan dapatbermanfaat bagi berbagai kalangan yang terkait dalam bidang usaha ini dalammenentukan kebijakannya, terutama dalam bidang pemasaran, dan khususnya padastrategi promosi yang dijalankan. Pada penelitian ini diajukan dua hipotesa yaitu, diduga bahwa peubahperiklanan (X1), promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3), dan pemasaranlangsung (X4) mempengaruhi peningkatan volume penjualan, dan diduga padapeubah pemasaran langsung (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadapvolume penjualan. Responden yang diteliti adalah konsumen PT Karya Bina Sentausa Malangsebanyak 100 orang. Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisioner (yangtelah diuji validitas dan reliabilitasnya). Alat analisis yang digunakan regresiberganda uji F dan T. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis I dapat diterima karenadilihat dari hasil nilai Fhitung = 196,675 lebih besar dari Ftabel = 2,467 pada probabilitas0,000 sehingga menghasilkan peubah bebas (bX1 = 0,174, bX2 = 0,193, bX3 = 0,09 danbX4 = 0,44) maka akan diikuti oleh peningkatan penjualan (Y) secara signifikandengan thitung (tX1 = 3,549; tX2 = 4,191; tX3 = 2,052 dan ; tX4 = 7,955) lebih besar darittabel = 1,661. Dapat disimpulkan bahwa besarnya peubah bebas terhadap peubahterikat (Y) sebesar 89,2% dan sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh faktor lainyang tidak diteliti. Ternyata, pemasaran langasung mempunyai pengaruh dominanterhadap penjualan karena memiliki koefisien regresi 0,44 paling besar, sehinggahipotesis II dapat diterima. Berkaitan dengan hasil tersebut, pimpinan PT Karya Bina Sentausa Malanghendaknya dapat melakukan kegiatan periklanan dengan efektif, dari frekuensi,semakin sering tampak di jalan – jalan ataupun di toko – toko. Kegiatan promosipenjualan juga dilakukan dengan lebih efektif, seperti menambah item baru sebagaihadiah. Aktivitas hubungan masyarakat perlu ditingkatkan mutunya, karena elemenini sangat berpengaruh untuk pengenalan produk baru, karena menarik khalayakramai. Pemasaran langsung oleh perusahaan sangat baik dalam pengelolaannya.

 

18.216.69.239