OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SMASH PADA DEALER SUZUKI MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | TRI NOERCAHYADI NISWANTORO |
Student's ID (NPK) | K.2004.1.28864 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN STRATEGI |
Keyword | STRATEGI PEMASARAN |
Page(s) | 83 |
Submit Date | 16-09-2009 |
Lecture(s) |
Ir. DWI NITA ARYANI ,MM. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SMASH PADA DEALER SUZUKI MALANG Permasalahan yang diteliti, yaitu bagaimana penerapan analisis SWOT gunamenentukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan volume penjualansepeda motor Suzuki Smash pada dealer Suzuki Malang ?. Sedangkan tujuan daripenelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan analisis SWOT dalam menentuanstrategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan sepeda motorSuzuki Smash pada dealer Suzuki Malang Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif, yaitu peneliti mencobamengumpulkan data-data berupa arsip, dokumen, hasil wawancara, juga literatur-literatur yang ada guna menggambarkan serta menyimpulkan penerapan analisisSWOT guna menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkanvolume penjualan sepeda motor Suzuki Smash pada dealer Suzuki Malang.Selanjutnya peubah yang diteliti, meliputi SWOT, SAP dan ETOP. Dari analisis ETOP, dapat diketahui bahwa skor dari masing-masing aspekeksternal, yang diketahui bahwa total skor rating berjumlah 1,450 yang lebih kecildari skor rata-rata 2,5. Hal ini menunjukkan dealer Suzuki Malang dari sisilingkungan, ancaman dan peluang belum mendominasi pasar. Namun hal ini dapatdipergunakan dalam upayanya mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan carapesaing guna dapat meningkatkan pangsa pasar. Dari analisis SAP, dapat diketahui bahwa skor dari masing-masing aspekinternal, yang diketahui bahwa total skor rating berjumlah 1,350 yang lebih kecil dariskor rata-rata 2,5. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemasaran yangmemperoleh rating terendah, karena kelemahan Suzuki adalah terkait dengan hargajual yang relatif tinggi, namun harga purna jualnya relatif rendah. Sedangkan yangdominan dalam lingkungan intern adalah faktor sumber daya manusia, karenakaryawan adalah ujung tombak semua perusahaan dan tanpa didukung dengankaryawan yang memiliki potensi atau berkualitas, maka dealer tidak akan dapatberkompetisi dengan para pesaing bahkan misi dan visi dealer tidak dapat tercapai. Dari analisis SWOT dan didukung penggunaan Boston Consulting Group(BCG) Matrix, dapat diketahui bahwa posisi star, sehingga strategi yang digunakanstrategi keseimbangan, diusahakan agar pemanfaatan sumber daya pemasaran dapatmencapai tujuan dalam pasar yang relatif stabil dan dewasa, yaitu denganpengawasan yang kontinyu dalam memasarkan barang yang sudah ada. Mengingatkompetitor, yakni Honda dan Yamaha semakin inovatif pada setiap produk baru yangakan dipasarkan. Berikut analisis SWOT untuk dealer Suzuki Malang:a. Strengths (Kekuatan) Secara umum strengths (kekuatan) dari produk motor Suzuki antara lain unggul dari sisi desain, performa, fitur, teknologi tinggi, top speed, power yang cukup besar yang dilengkapi dengan drive mode selector, khusus sparepart tidak perlu inden serta sumber daya manusia yang berpotensi dan berkualitas.b. Weaknesses (Kelemahan) Secara umum weaknesses (kelemahan) dari produk motor Suzuki antara lain service maupun penjualan kurang baik, brand image yang kurang kuat, purna jual jatuh dan sparepart mahal.c. Opportunities (Peluang) Secara umum opportunities (peluang) untuk produk motor Suzuki, yaitu dengan banyak mengadakan even-even dan memperhatikan faktor demografi sebagai pertimbangan pasar potensial (riset pasar).d. Threats (Ancaman) Secara umum threats (ancaman) untuk produk motor Suzuki, brand image yang kurang (tidak seperti Honda) bahkan Yamaha pun mendapat gelar terbaik No. 1 di dunia motor setelah menyisihkan Honda. Oleh karena itu, untuk mengatasi kompetitor, yakni Honda dan Yamaha, maka Suz18.218.117.14