Date: 19-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN (7P) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA HOTEL BJ.PERDANA PASURUAN

Thesis Detail
Author AUNUR ROFIQ
Student's ID (NPK) K.2004.1.28940 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 104
Submit Date 16-09-2009
Lecture(s) DIDIK PRIYO SUGIHARTO ,SE


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PENGARUH BAURAN PEMASARAN (7P) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA HOTEL BJ. PERDANA PASURUAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh peubah-peubah dalam bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, PhysicalEvidence dan Process) terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa HotelBJ. Perdana Pasuruan serta untuk mengetahui sejauhmana peubah-peubah dalambauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence danProcess) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untukmenggunakan jasa Hotel BJ. Perdana Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menginap padaHotel BJ. Perdana Pasuruan. Berdasarkan data yang diperoleh dalam 1 minggujumlah pengunjung Hotel BJ. Perdana Pasuruan adalah sebanyak ± 588 orang. Olehkarena itu diambil sampel sebanyak 10% yaitu sebanyak 58,8 dibulatkan 60responden yang diteliti selama bulan Juli. Teknik sampling yang digunakan adalahAccidentally Sampling (sampel seadanya) yaitu sampel yang diperoleh dengan carasiapa yang dijumpai. Hasil pengujian hipotesis I dapat diperoleh nilai F hitung sebesar 42,381lebih besar dari nilai F tabel 2,17 dan nilai Sig F hasil analisis (0,000) di bawah nilaisignifikan 0,05 (5%) yang menunjukkan bahwa peubah Product (Produk) (X1), Price(Harga) (X2), Place (Tempat/Lokasi) (X3), Promotion (Promosi) (X4), People(Orang) (X5), Physical Evidence (Fasilitas Fisik) (X6) dan Process (Proses) (X7)secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadapKeputusan Menginap (Y) pada Hotel BJ. Perdana Pasuruan. Besarnya nilai R Squaresebesar 0,851 menunjukkan peubah Product (Produk) (X1), Price (Harga) (X2),Place (Tempat/Lokasi) (X3), Promotion (Promosi) (X4), People (Orang) (X5),Physical Evidence (Fasilitas Fisik) (X6) dan Process (Proses) (X7) memberikankontribusi terhadap Keputusan Menginap (Y) pada Hotel BJ. Perdana Pasuruansebesar 85,1% dan sisanya sebesar 14,9% dipengaruhi oleh peubah-peubah selainpeubah yang diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa product (produk), price(harga), place (tempat/lokasi), promotion (promosi), people (orang), physicalevidence (fasilitas fisik) dan process (proses) secara bersama-sama mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel BJ. PerdanaPasuruan. Sedangkan hasil uji t didapatkan nilai t hitung untuk tiap-tiap peubah bebaslebih besar dari nilai t tabel dan nilai Sig t-nya di bawah nilai signifikan 0,05sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peubah-peubah Product (Produk) (X1),Price (Harga) (X2), Place (Tempat/Lokasi) (X3), Promotion (Promosi) (X4), People(Orang) (X5), Physical Evidence (Fasilitas Fisik) (X6) dan Process (Proses) (X7)secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap KeputusanMenginap (Y) pada Hotel BJ. Perdana Pasuruan. Dengan demikian hipotesis I dapatdibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II diketahui jika peubah Physical Evidence(Fasilitas Fisik) (X6) dengan nilai koefisien regresi terbesar (0,261) merupakanpeubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah terikat (Y)berupa keputusan menginap pada Hotel BJ. Perdana Pasuruan. Maka dari itu dapatdiambil kesimpulan bahwa masing-masing komponen dalam bauran pemasaranberupa product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), promotion (promosi),people (orang), physical evidence (fasilitas fisik) dan process (proses) baik secarasimultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dengan keputusanmenginap pada Hotel BJ. Perda

 

3.138.112.77