Date: 08-08-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

EVALUASI KINERJA STRATEGIK DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PT. GOLDEN STAR INDONESIA-BANYUWANGI

Thesis Detail
Author WIYASHA ADHI RINENDRA
Student's ID (NPK) A.2002.1.27237 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword BALANCE SCORECARD
Page(s) 115
Submit Date 23-09-2008
Lecture(s) SE. ENGGAR NURSASI ,MM.
Drs. DJOKO SUGIONO

Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIEVALUASI KINERJA STRATEGIK DENGAN MENGGUNAKAN BALANCEDSCORECARD PADA PT. GOLDEN STAR INDONESIA-BANYUWANGI Salah satu upaya yang harus dilakukan manajemen perusahaan untuk dapatmeningkatkan daya saingnya adalah dengan mengetahui kinerja perusahaan melaluipengukuran kinerja. Untuk dapat bermanfaat dalam jangka panjang danmemenangkan persaingan yang ada, maka informasi yang dibutuhkan tidak hanyadari kinerja keuangan perusahaan saja, tetapi juga menjadi penting untukmendapatkan informasi yang sifatnya non keuangan, terutama yang berhubungandengan kondisi pelanggan, ataupun kondisi internal perusahaan lainnya, yang akanmempengaruhi kepuasan pelanggan baik secara langsung ataupun tidak langsung.Pengukuran kinerja yang seimbang antara perspektif keuangan dan non keuangandidapatkan dengan menggunakan metode balanced scorecard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana BalancedScorecard dapat membantu manajer mengevaluasi kinerja strategic perusahaan padaPT. Goden Star Indonesia Banyuwangi, dan untuk memperhatikan keseimbanganpenilaian kinerja antara aspek financial dan non financial melalui empat perspektifBalanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektifinternal bisnis, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yangdilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisme, lembagaatau gejala tertentu. Peubah dalam penelitian ini adalah empat aspek balancedscorecard yang meliputi (1) Perspektif Keuangan (Financial Perspective), (2)Perspektif Pelanggan (Customer Perspective), (3) Perspektif Proses Bisnis Internal(Internal Busines Proses Perspective), (4) Perspektif Belajar dan Berkembang(Learning & Growth Perspective).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat perspektif tersebut dapatdikatakan secara keseluruhan kinerja PT. Goldenstar Banyuwangi cukup baik karenasebagian besar kinerja perspektif balanced scorecard mengalami peningkatan. Yaitu(1) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa perusahaanmampu meningkatkan meningkatnya kedisiplinan karyawan, yang ditunjukkandengan nilai absenteism tahun 2005 sebesar 18,750% turun menjadi 17,143% padatahun 2006 dan turun lagi menjadi 14,286% pada tahun 2007. Serta nilai tardinestahun 2005 sebesar 9,38% turun menjadi 2,86% pada tahun 2006-2007. (2) Perspektifinternal bisnis yang menunjukkan peningkatan kinerja efisiensi proses, yaitu tahun2005 sebesar 143,01% meningkat menjadi 177,79% pada tahun 2006 dan meningkatlagi menjadi 190,59% pada tahun 2007, dan adanya inovasi produk. (3) Perspektifpelanggan menunjukkan bahwa perusahaan mampu meningkatkan jumlah pelangganbaru dan mempertahankan pelanggan lama. (4) Dengan kondisi tersebut makaperusahaan dapat meningkatkan finansialnya terutama pada tahun 2007 yangditunjukkan dengan ROI yang meningkat dan analisis biaya per unit yang menurun. iv“EVALUASI KINERJA STRATEGIK DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARDPADA PT. GOLDEN STAR INDONESIA-BANYUWANGI” Author: WIYASHA ADHI RINENDRA NPK: A.2002.1.27237

 

10.3.63.58