OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA HOTEL NIRWANA NGANJUK
Thesis Detail | |
---|---|
Author | AVITRI SULISTIYO |
Student's ID (NPK) | A.2004.1.29250 (AKUNTANSI) |
Subject | AKUNTANSI MANAJEMEN |
Keyword | BALANCED SCORECARD |
Page(s) | 78 |
Submit Date | 08-09-2008 |
Lecture(s) |
YUYUK LIANA SE, MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKURKINERJA PADA HOTEL NIRWANA DI KOTA NGANJUKDalam kondisi yang semakin meningkat ke arah globalisasi menyebabkanbadan usaha membutuhkan informasi yang relevan sehingga proses pengambilankeputusan dapat dilakukan secara tepat. Akuntansi sebagai sistem informasi dituntutuntuk mampu menyediakan informasi yang akurat. Akuntansi pun mempunyaipengaruh terhadap pengukuran kinerja karena akuntansi merupakan serangkaianaktivitas yang berhubungan langsung dengan pengukuran financial. Untuk itu salahsatu alat yang digunakan adalah balanced scorecard. Balanced scorecard mengukurdari sudut pandang keuangan dan non keuangan. Kata balanced digunakan, karenamenunjukkan keseimangan antara pengukuran eksternal dan internal.Dalam persepektif keuangan pengukuran yang digunakan adalah Return onInvestment (ROI), Return on Equity (ROE), PmoS. Dalam perspektif pelangganpengukuran yang digunakan adalah Customer Acquisition, Customer Retention, danNumber of Complain. Dalam proses bisnis internal pengukuran yang digunakanadalah Minimize Error Rate dan proses inovasi. Dalam perspektif belajar danpertumbuhan pengukuran yang digunakan adalah Employee Turnover, PersentaseBiaya Pelatihan Karyawan dan Tingkat Absen.Balanced Scorecard lebih dari sekedar sistem pengukuran operasional, karenadalam pengukuran balanced scorecard ini dapat digunakan untuk menetapkanstrategi bisnis. Jadi balanced scorecard bisa dijadikan sebagai learning, informing,and communication.Adapun hasil dari analisis balanced scorecard sebagai berikut:a. Perspektif KeuanganDilihat dari perspektif keuangannya kinerja Hotel Nirwana Nganjuksecara progresif sudah mengarah pada pencapaian strateginya. Pengukuran yangdilihat dari rasio-rasio keuangan yaitu ROI, ROE dan PmoS menunjukkanpeningkatan secara perlahan.b. Perspektif PelangganHasil pengukuran dari perspektif pelanggan dapat tercapai, karena adanyapeningkatan penjualan, hal ini dapat dilihat pada peningkatan customeracquisition dan number of complaint yang mengalami penurunan, walaupunretensi pelanggan kurang mengalami perkembangan, hal ini dapat diartikanbahwa pelanggan memilih jenis produk yang lain atau membeli pada produsenyang harganya lebih rendah.c. Perspektif Proses Bisnis InternalKinerja Hotel Nirwana Nganjuk berdasarkan perspektif pelanggan secarakeseluruhan dapat dikatakan kurang baik dan masih perlu dikembangkan untukmencapai visi dan strategi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari kurangterintegrasinya inovasi produk dengan riset dan pengembangan, sehinggapencapaian strategik dalam perspektif proses bisnis internal kurang tercapai.18.191.171.58