Date: 07-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERN DARI PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK CABANG BOROBUDUR MALANG

Thesis Detail
Author ADE QUARTASARI
Student's ID (NPK) K.2003.1.28528 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 148
Submit Date 27-03-2008
Lecture(s) Dra. LEILA SALAWATI CHAIRAT M.Si


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor lingkunganekstern dari perilaku konsumen (kebudayaan, kelas sosial, kelompok sosial dankelompok referensi dan keluarga) secara bersama-sama mempunyai hubungan yangsignifikan terhadap pengambilan keputusan untuk menabung pada PT. Bank CentralAsia Tbk, Cabang Borobudur Malang serta untuk mengetahui faktor lingkunganekstern manakah dari perilaku konsumen (kebudayaan, kelas sosial, kelompok sosialdan kelompok referensi dan keluarga) yang mempunyai pengaruh dan hubungandominan terhadap pengambilan keputusan untuk menabung pada PT. Bank CentralAsia Tbk, Cabang Borobudur Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pengguna jasatabungan pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Borobudur Malang. Jumlahsampel ditentukan sebesar 98 responden dengan teknik sampling yaitu accidentalsampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalahkorelasi berganda, regresi berganda dan korelasi parsial.Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung (96,503) lebih besar nilaiF tabel (2,45) dan nilai Sig F sebesar 0,000 di bawah nilai signifikan 0,05 berartipeubah-peubah Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Sosial dan KelompokReferensi (X3) dan Keluarga (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yangsignifikan terhadap peubah terikat Keputusan Menabung pada PT. Bank Central AsiaTbk, Cabang Borobudur Malang (Y). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,898menunjukkan hubungan tersebut sangat erat dan bersifat positif. Nilai R squaresebesar 0,806 menunjukkan bahwa peubah Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2),Kelompok Sosial dan Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) secara bersamasamamempengaruhi peubah Keputusan Menabung pada PT. Bank Central Asia Tbk,Cabang Borobudur Malang (Y) sebesar 80,6% dan sebanyak 19,4% dipengaruhi olehhal-hal lain diluar peubah yang diteliti. Maka dapat disimpulkan bahwaKebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Sosial dan Kelompok Referensi (X3)dan Keluarga (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikandengan peubah Keputusan Menabung pada PT. Bank Central Asia Tbk, CabangBorobudur Malang (Y). Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya.Hasil pengujian hipotesis II diketahui jika peubah Kelompok Sosial danKelompok Referesi (X3) mempunyai pengaruh dan hubungan dominan terhadapKeputusan Menabung pada PT. Bank Central Asia Tbk, Cabang BorobudurMalang (Y). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi dan nilaikoefsien korelasi parsial peubah Kelompok Sosial dan Kelompok Referensi (X3) yangmerupakan nilai koefisien regresi dan koefisien korelasi terbesar bila dibandingkandengan nilai koefisien regresi dan koefisien korelasi peubah bebas yang lain. Dengandemikian hipotesis II terbukti.

 

52.15.53.236