OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (JOB INSTRUCTION TRAINING, COACHING, APPRENTICESHIP, LECTURE, DAN VESTIBULE TRAINING) TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK CABANG BOROBUDUR MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | HUSNI CANDRA GUNAWAN |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.27995 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Keyword | PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA |
Page(s) | 137 |
Submit Date | 27-03-2008 |
Lecture(s) |
Drs. SAMSUL HADI MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh pelatihandan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan perusahaan (job instructiontraining, coaching, apprenticeship, lecture dan vestibule training) terhadap prestasikerja karyawan pada PT. Bank Central Asia Tbk, Cabang Borobudur Malang serta untukmengetahui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia diantara job instructiontraining, coaching, apprenticeship, lecture dan vestibule training yang mempunyaipengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Bank Central Asia Tbk,Cabang Borobudur Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank Central AsiaTbk, Cabang Borobudur Malang sebanyak 54 karyawan. Mengingat jumlah populasitidak terlalu besar (kurang dari 100) maka penelitian dilakukan terhadap seluruh anggotapopulasi, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi.Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi bergandadan regresi berganda. Hasil analisis diketahui nilai F hitung = 24,287 lebih besar darinilai F tabel = 2,45 dan nilai Sig F (0,000) di bawah nilai signifikan 0,05 (5%) berartipeubah-peubah Job Instruction Training (X1), Coaching (X2), Apprenticeship (X3),Lecture (X4) dan Vestibule Training (X5) secara bersama-sama mempunyai hubunganyang signifikan dengan peubah terikat berupa Prestasi Kerja Karyawan (Y). Nilaikoefisien korelasi berganda sebesar 0,847 menunjukkan bahwa hubungan itu erat danpositif. Nilai R2 sebesar 0,717 berarti besarnya Prestasi Kerja Karyawan (Y) dipengaruhipeubah-peubah Job Instruction Training (X1), Coaching (X2), Apprenticeship (X3),Lecture (X4) dan Vestibule Training (X5) sebesar 71,7% dan sisanya sebesar 28,3%dipengaruhi oleh faktor lain di luar peubah bebas yang diteliti. Sedangkan hasil analisisregresi berganda diperoleh nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar nilait tabel dan nilai Sig t masing-masing peubah bebas di bawah nilai signifikan 0,05,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peubahpeubahJob Instruction Training (X1), Coaching (X2), Apprenticeship (X3), Lecture (X4)dan Vestibule Training (X5) terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y). Maka dari itu dapatdisimpulkan bahwa hipotesis I yang menduga bahwa terdapat hubungan dan pengaruhyang bermakna antara peubah-peubah Job Instruction Training (X1), Coaching (X2),Apprenticeship (X3), Lecture (X4) dan Vestibule Training (X5) terhadap Prestasi KerjaKaryawan (Y) dapat dibuktikan kebenarannya.Hasil pengujian hipotesis II diketahui bahwa peubah Job InstructionTraining (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y)terbukti. Hal ini karena peubah Job Instruction Training (X1) mempunyai nilai koefisienregresi terbesar (0,223). Sehingga hipotesis II terbukti.18.118.99.234