Date: 07-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR METIC (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA 2003/2004)

Thesis Detail
Author MOHAMAD LILIK MAHBUB MUSYAFA'
Student's ID (NPK) K.2003.1.28271 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 115
Submit Date 28-03-2008
Lecture(s) Dra. NURHAYATI M.Si


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor intern yaitu faktor bekerja dalam individu sendiri antana lain motivasi, persepsi, belajar, kepribadian dan sikap. Sebelum menetapkan atau melakukan pembelian terhadap suatu produk, masyarakat dihadapkan pada suatu proses pembentukan image atau, pandangan senantiasa menjadi dasar dalam pembelian suatu produk.. Hal tersebut merupakan masukan yang berharga bagi penyedia jasa untuk meneliti faktor-faktor vang mempengaruhi perilaku konsumen, karena perilaku konsumen didafam pengambilan keputusan pembelian atas suatu produk akan berakibat atau berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor intern yang terdiri dari motivasi, persepsi. belajar, kepribadian, dan sikap mempunyai hubungan terhadap keputusan pembelian sepeda motor metic, dan untuk mengetahui faktor intern manakah diantara motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, dan sikap yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor metic. Populasi yang digunakan dalarn penelitian adalah mahasiswa yang menggunakan sepeda motor Metic. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 67 orang responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menunjukkan babwa peubah motivasi (Xl), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4) dan sikap (X5) secara bersama-sama mempunvai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli sepeda motor metic (Y), karena nilai F hitung 17,133 febih besar dari F tabel 2,32 pada tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan 58,4 % pengambilan keputusan membeli sepeda motor metic dipengaruhi peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4) dan sikap (X5) secard bersama-sama dan 41,6% disebabkan olch peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini misalnya peubah faktor kelas sosial, kelompok referensi, kelompok gaya hidup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua nienunjukkan bahwa peubah bebas secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat karena t hitung pada peubah motivasi (Xl) sebesar 3,824, persepsi (X2) sebesar 5,824, belajar (X3) sebesar 3,837, kepribadian (X4) sebesar 2,108, dan sikap (X5) sebesar 4,457 lebib besar dari t tabel sebesar 1,658 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap, variabel terikat dapat diterima. Hasil perhitungan mennjukkan bahwa persepsi(X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli sepeda motor nictic (Y). Hal, ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah persepsi (X2) yang rnempunyai nitai koefisien regresi paling tinggi yaltu sebesar 0,263 jika dibandingkan dengan peubah bebas lainnya.

 

18.119.0.35