Date: 29-04-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FUNGSI PERIKLANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PENGGUNA TELKOM FLEKSI (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG)

Thesis Detail
Author KHABIBAH LAILA
Student's ID (NPK) K.2003.1.28568 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 107
Submit Date 25-03-2008
Lecture(s) Dra. TITA BOEDI ASTUTI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH FUNGSI PERIKLANAN TERHADAPLOYALITAS KONSUMEN PADA PENGGUNA TELKOM FLEKSI(Studi pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang)Perusahaan harus selalu berkomunikasi dengan pasar untuk menjagakontinuitas serta eksistensinya. Salah satunya adalah melalui periklanan (advertising).Iklan memberikan pengaruh terhadap brand (merek) sebuah produk. Setiap harikehidupan masyarakat selalu diwarnai oleh berbagai macam iklan ditelevisi, radio,surat kabar, dan hampir disetiap sudut jalan. Semua orang tidak bisa menghindar dariiklan. Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan membujukmasyarakat untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuatiklan atau produsen yang mengiklankan. Dalam hal ini media televisi di dalammenayangkan iklan memang paling menarik untuk dinikmati, ini dikarenakan iklantelevisi dilengkapi dengan ditampilkan yang penuh warna, digital audio yangcanggih, jargon-jargon yang mudah diingat oleh yang menonontonnya dan pemilihanselebriti sebagai spoke person dan image produk yang tepat juga dapat membuat iklantersebut menarik perhatian dari masyarakat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas fungsi-fungsi periklanan,(informing, persuading, reminding, adding value dan assisting) dalam membentukloyalitas konsumen kartu telepon seluler FLEXI dan untuk mengetahui variabel manayang dominan diantara fungsi-fungsi periklanan dalam membentuk loyalitaskonsumen kartu telepon seluler FLEXI.Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa STIE Malangkuçeçwaraangkatan 2003/2004, yang menggunakan Jasa Telkom Flekxi. Sedangkan jumlahsampelnya yaitu sebanyak 78 orang responden. Adapun teknik pengambilan sampelQuota Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kuota yang sudah ditentukankriteriannya.Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua peubah bebas yaitu Informing(X1), Persuading (X2), Reminding (X3), Adding value (X4), Assisting (X5)mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap Loyalitas Konsumen(Y) dapat dibuktikan kebenarannya, sehingga hipotesis I dapat diterima. Karena hasilF hitung 17,261 lebih besar dari F tabel sebesar 2,57 dan koefisien determinasikorelasi berganda (R2), sebesar 0,545 yang berarti besarnya sumbangan semuapeubah bebas terhadap peubah terikat 54,5% dimana semua sisanya sebesar 45,5%dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti.Secara parsial, semua peubah bebas memiliki pengaruh yang bermaknaterhadap peubah terikat, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t, bahwa t hitung semuapeubah bebas adalah lebih besar dari t tabel. Diantara peubah bebas tersebut, peubahAdding Value (X4) memiliki pengaruh yang dominan terhadap peubah loyalitaskonsumen (Y), hal ini dapat dilihat dari besarnya koefesien regresi peubah AddingValue (X4) adalah paling besar diantara peubah bebas yang lain yaitu = 0,269 Dengandemikian hipotesis II yang menyatakan bahwa diduga Adding Value (X4) memilikipengaruh yang dominan terhadap loyalitas konsumen (Y) dapat dbuktikankebenarannya.iv

 

3.17.175.182