OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HP NOKIA 3650-3660 (STUDI PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MALANGKUÇEÇWARA MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | MOCHAMMAD RIZAL |
Student's ID (NPK) | K.981.22213 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | ANALISIS PEMASARAN, KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK |
Page(s) | 93 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Rumusan permasalahan penelitian adalah sejauhmana faktor-faktor bauran pemasaran mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 3650 – 3660 dan diantara faktor bauran pemasaran manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 3650 – 3660 ?”. Hipotesis pertama diduga bahwa produk (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli HP Nokia Tipe 3650 – 3660 (Y)dan hipotesis kedua diduga produk (X1), mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan membeli HP Nokia Tipe 3650 – 3660 (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Dalam penelitian ini untuk mengukur peubah digunakan skala likert. Populasi yang di teliti yaitu sebanyak 319 mahasiswa yang terdiri dari 195 laki-laki dan 124 perempuan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malang KuÇeÇwara Malang Angkatan 2002, Jurusan Manajemen Keuangan. Sampel yang diambil adalah 319 x 10 % = 31.9 » 32 responden. Pengambilan sampel dengan cara Accindental Sampling (kebetulan). Metode Pengumpulan data antara lain Interview dan kuesioner Adapun alat-alat analisis yang digunakan dalam perhitungan diatas adalah analisis Korelasi berganda , koefisien korelasi parsial, analisa regresi berganda. Berdasarkan pada perhitungan korelasi berganda diketahui bahwa F-hitung sebesar 172.101 yang lebih besar dari F-tabel sebesar 2.73. Dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang menduga bahwa adanya pengaruh secara bersama-sama antara peubah bebas terhadap peubah terikat diterima dan dilihat dari koefisien korelasinya (R) sebesar 0.981 atau 98.1 %, yang berarti bahwa peubah bebas yang meliputi produk (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) mempunyai pengaruh yang kuat secara positif sempurna pada tingkat kepercayaan a = 5% terhadap peubah terikat dan berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) dapat diketahui kontribusi peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 0.962 atau 96.2 %. Hasil pengujian hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa produk (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian . Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien regresi. X1 memiliki koefisien regresi sebesar 0.289, yang lebih besar dari X2 sebesar 0.244, X3 sebesar 0.272 dan X4 sebesar 0.167 dan didukung nilai T-hitung X1 sebesar 3.783 yang lebih besar dari T-tabel sebesar 1.703. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan bahwa jika koefisien regresi X1 lebih besar dari koefisien regresi X2, X3 dan X4 maka Ho ditolak dan keputusan terhadap Ha diterima. Dengan demikian hipotesis empiris yang menyatakan bahwa produk mempunyai hubungan dominan apabila dibandingkan dengan peubah bebas lainnya dapat diterima. Dengan demikian hipotesis terbukti.18.191.254.28