OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN AGAR-AGAR PADA PERUSAHAAN UD. SRI GUNTING RANDU AGUNG MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | I KETUT JUNIARTA |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.26176 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN |
Page(s) | 132 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Berdasarkan pada masalah pokoknya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mana yang mempengaruhi keputusan pembelian. Pada penelitian ini dibatasi pada faktor Harga, Merek, Kemasan, Rasa, dan Pengecer yang mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk agar-agar serta untuk mengetahui faktor mana yang mempunyai pengaruhi dominan terhadap keputusan pembelian produk agar-agar. Sesuai dengan permasalahan yang ada pada latar belakang permasalahan, maka penelitian ini merupakan jenis penelitian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk agar-agar Sri Gunting di wilayah kota Malang dan diambil sampel sebanyak 100 orang dengan teknik sample random sampling. Berdasarkan lampiran correlations dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang valid, hasil korelasi berada di atas nilai kritisnya. Berdasarkan lampiran reliability dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang reliabel, karena nilai cronbach alpha mendekati angka satu. Hasil perhitungan korelasi berganda diketahui bahwa antara peubah faktor Harga (X1), Merek (X2), Kemasan (X3), Rasa (X4), Pengecer (X5) dengan Keputusan Pembelian (Y) mempuyai hubugnan yang erat, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang positif sebesar, 0,700 dan nilai F-hitung (43,763) yang lebih besar dari F-tabel (2,305) maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Harga (X1), Merek (X2), Kemasan (X3), Rasa (X4), Pengecer (X5) mempunyai hubugnan yang bermakna (erat) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan melihat hasil analisis regresi berganda ternyata di dapat nilai T-hitung masing-masing peubah bebas yang lebih besar dari T-tabel yang berarti bahwa peubah Harga (X1), Merek (X2), Kemasan (X3), Rasa (X4), Pengecer (X5) mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peubah Harga (X1) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) agar-agar Sri Gunting dibandingkan peubah yang lain seperti Merek (X2), Kemasan (X3), Rasa (X4), Pengecer (X5). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah Harga (X1) sebesar 0,223 (22,3) yang merupakan nilai koefisien regresi terbesar diantara nilai koefisien regresi peubah-peubah yang lain.10.3.204.164