Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR ADIARTHA REKSACITRA SINGOSARI

Thesis Detail
Author JEMMY WIJAYA
Student's ID (NPK) K.2003.1.27729 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN
Page(s) 125
Submit Date 11-09-2007
Lecture(s) Dr. SETIYAWAN MS


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASANNASABAH PADA PT. BPR ADIARTHA REKSACITRA SINGOSARIOleh : Jemmy WijayaK. 2003.1.27729Sektor perbankan saat ini menjadi sangat penting di negara Indonesia. Hampir semua lapisan atau semua kalangan masyarakat berhubungan dengan bank baik secara langsung maupun secara tidak langsung terutama di dalam dunia bisnis dan usaha. Persaingan bisnis pada jasa perbankan sangat ketat, sehingga pihak bank harus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan pasar yang sudah ada. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh pihak bank adalah dengan meningkatkan kepuasan nasabah terhadap bank. Kepuasan terhadap ini menjadi kunci sukses atau pedoman utama, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi untuk keunggulan bersaing yang berkelanjutan.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan dalam pengaruh antara kualitas pelayanan ( bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian ) terhadap kepuasan konsumen. Serta untuk mengetahui faktor manakah yang lebih dominan pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini addalah korelasional. Alasan dipilihnya jenis penelitian ini karena bertujuan untuk meneliti adanya keterkaitan atau pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan sampel yang digunakan sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sampling.Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas yang terdiri atas variabel bukti langsung (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) serta perhatian (X5) secara simultan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,726 dan koefisien determinan (R2 ) sebesar 0,527 dengan F Hitung sebesar 20,060 sedangkan F Tabel sebesar 2,33 pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan pada hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel bukti langsung (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) serta perhatian (X5) signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y), sehingga keputusannya adalah menolak Ho artinya secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan variabel bukti langsung (X1) terbukti berpengaruh lebih dominan dibandingkan variabel kehandalan, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian.

 

10.3.165.82