Date: 23-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KEP[UASAN KONSUMEN,KUALITAS PELAYANAN,LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Thesis Detail
Author MUHAMMAD GEOVANI ALFIAN
Student's ID (NPK) K.2013.5.32567 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEPUASAN PELANGGAN, KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, LOYALITAS PELANGGAN
Page(s) 70
Submit Date 20-03-2018
Lecture(s) Dr.NUNUNG NURASTUTI UTAMI, SE., M.Si.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dengan berkembang pesatnya bisnis kafe di Malang mampu membawa dampak positif bagi dunia bisnis maupun konsumen. Banyak cara dilakukan pebisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya seperti meningkatkan kepuasan konsumen, kemudian pelayanan yang diberikan juga semakin ditingkatkan dan lokasinya pun dipercantik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepuasan pelanggan(X1), Kualitas pelayanan(X2), dan Lokasi(X3) terhadap Loyalitas pelanggan(Y) secara simultan maupun parsial. Sampel penelitian ini adalah pelanggan dari justice corner cafe dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, dengan menggunakan kriteria yaitu pelanggan telah sudah mengunjungi berapa kali. Berdasarkan hasil pengujian Terdapat pengaruh dari kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung variabel Kepuasan pelanggan () sebesar 3,079 dengan tingkat signifikan 0,003 dan variabel Kualitas pelayanan () sebesar 6,421 dengan tingkat signifikan 0,000 dan variabel lokasi () sebesar 2.225 dengan tingkat signifikansi 0,028 lebih kecil (<) dari =0,05. Dengan demikian secara parsial variabel Kepuasan pelanggan (), variabel Kualitas pelayanan (), dan Lokasi () berpengaruh signifikan positif terhadap variabel Loyalitas (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kepuasan konsumen, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, dan hipotesis dua bisa dibuktikan. Hasil uji koefisiensi determinasi (R²) pada tabel diatas diketahui bahwa variabel Kepuasan pelanggan (), variabel Kualitas pelayanan (), dan Lokasi () mampu menjelaskan 0,556 atau sebesar 55,6% Loyalitas (Y). Sedangkan sisanya sebesar 46,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

 

3.15.221.67