Date: 26-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENILAIAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD (BSC) PADA PT.SUNRISE KEMILAU INDONESIA

Thesis Detail
Author FARID NANDA LUTHFIANTO
Student's ID (NPK) K.2013.5.32371 (MANAJEMEN)
Subject MSDM
Keyword PENILAIAN KINERJA, BALANCE SCORECARD
Page(s) 107
Submit Date 07-03-2018
Lecture(s) Dr.HANIF MAULUDIN, SE, MSi.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, dunia bisnis mengalami perkembangan pesat sehingga terjadi kondisi persaingan yang semakin kompetitif. Dalam upaya peningkatan kinerja organisasi, keselarasan tujuan organisasi dan tujuan setiap individu yang ada di dalam organisasi merupakan hal penting. Sehubungan dengan itu, diperlukan sistem penilaian kinerja yang menggambarkan kondisi kinerja perusahaan yang akurat. Balance Scorecard adalah salah satu alternatif pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non-keuangan. Pengukuran ini merupakan hasil dari suatu proses berdasarkan misi dan strategi dari suatu perusahaan. Terdapat empat aspek yang diukur dalam Balance Scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data diperoleh dari konsumen dan karyawan PT. Sunrise Kemilau Indonesia. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PT. Sunrise Kemilau Indonesia per Desember periode tahun 2014, 2015, dan 2016. Populasinya adalah seluruh konsumen dan karyawan PT. Sunrise Kemilau Indonesia Semarang, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 100 partisipan untuk konsumen dan 100 partisipan untuk karyawan. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan teknik Pearson Correlation. Untuk menentukan skor tingkat kepuasan konsumen dan karyawan menggunakan analisis faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT. Sunrise Kemilau Indonesia dengan menggunakan konsep Balance Scorecard. Dengan menggunakan penilaian kinerja tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan sebab akibat antara faktor pendukung kinerja dengan hasil yang dicapai sehingga diharapkan PT. Sunrise Kemilau Indonesia mampu menjadi Vendors terpercaya, memiliki komitmen dan dapat menghasilkan laba yang optimal. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan yaitu nilai Return on Investment (ROI), Net Profit Margin, dan Operating Ratio mengalami peningkatan cost effectiveness untuk mencapai laba optimal. Perspektif konsumen dapat meningkatkan market share, kepuasan konsumen menghasilkan angka yang cukup baik serta didukung peningkatan profitabilitas konsumen selama tiga tahun. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio AETR menunjukkan peningkatan efektivitas, efisiensi dan ketepatan proses transaksi. Kemudian, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan dan persentase pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan selama tiga tahun yang menghasilkan kategori baik/puas.

 

18.191.147.190