Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI PRODUK, LOKASI DAN PELAYANAN (STUDI PADA NASABAH BANK BCA CABANG BOROBODUR)

Thesis Detail
Author NADIRA VILLIA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27082 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEPUASAN NASABAH
Page(s) 97
Submit Date 05-09-2007
Lecture(s) Drs. YUPONO BAGYO MS


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Persaingan yang ketat antar bank saat ini menuntut pemasar untuk terus aktif dan inovatif dalam memasarkan produk-produknya agar diminati masyarakat. Jika tidak dilakukan, kemungkinan besar akan tergeser oleh bank lain yang lebih unggul dan kompetitif. Faktor yang perlu diperhatikan diantaranya adalah produk, lokasi bank dan pelayanan karyawan bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan untuk mengetahui peubah (produk, lokasi dan pelayanan) manakah yang paling dominan terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menyebarkan kuisioner kepada 99 responden dari 9.000 orang populasi dengan teknik pengambilan sampel acidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda dan regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil analisis menyimpulkan bahwa produk, tempat dan pelayanan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kepuasan nasabah (koefisien korelasi (R) = 0,653). Hipotesis I diterima karena F hitung = 38,538 lebih besar dari F tabel = 2,70 pada p = 0,000 yang berarti peubah produk, tempat dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan nasabah. Kemampuan produk, tempat dan pelayanan dalam menjelaskan perubahan kepuasan nasabah sebesar 54,9% dan sisanya 45,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa produk, tempat dan pelayanan memiliki pengaruh bermakna terhadap kepuasan nasabah karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Produk memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan nasabah karena koefisien regresi terbesar yaitu 0,487 bila dibandingkan dengan tempat dan pelayanan. Dari hasil analisis tersebut, pengelola bank hendaknya memperhatikan produk, tempat dan pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Hadiah yang diberikan kepada nasabah hendaknya lebih ditingkatkan, baik hadiah langsung maupun melalui undian. Kenyamanan dan keamanan bank hendaknya menjadi perhatian penting, karena jika didalam bank nyaman dan aman akan dapat membangun kepercayaan nasabah terhadap bank. Kecakapan dan kemampuan karyawan dalam melayani nasabah dan memberikan penjelasan hendaknya ditingkatkan, terutama dalam penguasaan komputer sehingga dapat melayani nasabah dengan cepat dan tepat.

 

3.144.86.138