Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN ANGGARAN PENJUALAN TERHADAP ANGGARAN PRODUKSI PADA PT. ELODA MITRA - SIDOARJO

Thesis Detail
Author YOSEPH CHRISTIAN WIBISONO
Student's ID (NPK) A.2003.1.28197 (AKUNTANSI)
Subject BUDGETING
Keyword ANGGARAN PENJUALAN, ANGGARAN PRODUKSI
Page(s) 135
Submit Date 04-09-2007
Lecture(s) SIWI DYAH RATNASARI SE, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Setiap perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh laba dan berusaha untuk mempertahankan ataupun meningkatkan laba yang diperoleh. Kesuksesan perusahaan dalam mencapai target yang diharapkan, ditentukan oleh perencanaan yang dibuat oleh perusahaan, seperti halnya penyusunan anggaran. Forecast (peramalan) penjualan merupakan pusat dari seluruh perencanaan perusahaan, karena tujuannya adalah untuk merencanakan tingkat penjualan pada periode yang akan datang. Forecast (peramalan) penjualan yang telah disusun akan berperan terhadap kebijaksanaan yang diambil, seperti penyusunan produksi, persediaan barang jadi, pembelian bahan baku serta biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mencapai penjualan yang direncanakan, dan kesemuanya itu terdapat dalam anggaran produksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan analisa permasalahan yang berkaitan dengan peranan anggaran penjualan dan anggaran produksi, serta mengetahui peranan anggaran penjualan terhadap perencanaan anggaran produksi pada PT. ELODA MITRA-SIDOARJO. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Least Square untuk meramalkan penjualan pada periode berikutnya..Hasil analisis terhadap data yang diperoleh dapat diketahui bahwa anggaran penjualan memiliki peranan positif dengan anggaran produksi, dengan arti kata perubahan anggaran penjualan akan berperan terhadap berubahnya anggaran produksi yang ditetapkan atau meningkatnya anggaran penjualan akan berperan terhadap meningkatnya anggaran produksi dan sebaliknya. Menurunnya anggaran penjualan akan berperan terhadap menurunnya anggaran produksi. Besarnya penjualan yang dicapai perusahaan pada periode sebelumnya digunakan untuk menentukan anggaran penjualan (forecast penjualan). Selanjutnya dari anggaran yang diperoleh, mengenai berapa jumlah barang yang harus diproduksi serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi tersebut, yang kesemuanya tercakup dalam anggaran biaya produksi. Penelitian ini didukung oleh penelitian Erlina (2003) dan Siregar (2003). Dengan menggunakan estimasi penjualan untuk menyusun anggaran produksi, perusahaan mampu meningkatkan margin laba dari tahun 2006, hal ini disebabkan anggaran penjualan tahun 2007 mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anggaran penjualan memiliki peranan positif terhadap anggaran produksi.

 

3.147.66.178