Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BRI SYARIAH MALANG

Thesis Detail
Author NINDA AMALIA SARI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27112 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 110
Submit Date 04-09-2007
Lecture(s) Dra. DWI DANESTY DECCASARI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIANALISIS PENGARUH FAKTORINTERNAL PERILAKU KONSUMEN TERHADAPKEPUTUSAN MENJADI NASABAH BRI SYARIAH MALANGMunculnya bank-bank syariah saat ini ternyata menimbulkan persaingan yangsangat ketat. Masing-masing bank syariah mulai berlomba dan berkompetisi untukmeraih nasabah sebanyak-banyaknya, agar penghimpunan dan penyaluran dana dapatterus berlangsung sehingga operasional bank dapat berjalan sesuai dengan tujuanbank. Agar penghimpunan dan penyaluran dana dapat berjalan dengan baik, makapemahaman terhadap perilaku konsumen khususnya yang berkaitan dengan perilakuinternal perlu dilakukan. Dengan memahami perilaku internal ini diharapkanmasyarakat lebih tertarik untuk menjadi nasabah bank syariahTujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi,pembelajaran, keyakinan dan sikap terhadap keputusan menjadi nasabah BRI SyariahMalang dan untuk mengetahui diantara motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinandan sikap yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah BRISyariah Malang. Terdapat dua hipotesis yang dikemukakan, yaitu: Hipotesis I didugamotivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), keyakinan dan sikap (X4)berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Hipotesis II, didugapersepsi (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan menjadi nasabahdibandingkan motivasi (X1), pembelajaran (X3) dan keyakinan dan sikap (X4).Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. BRI Syariah Malang yangterdiri dari nasabah simpanan sebanyak 2.558 orang dan nasabah pembiayaansebanyak 1.352 orang (per 31 Maret 2007) yang diambil 98 orang sebagai sampelpenelitian. Untuk membuktikan Hipotesis yang dikemukakan digunakan analisiskorelasi berganda dan regresi berganda dengan uji signifikan F dan t.Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa koefisien korelasi berganda (R)sebesar 0,969 dengan F hitung 350,019 > F tabel = 2,46 pada probabilitas 0,000 yangmenghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis Idapat diterima. Koefisien determinasi (R2) = 0,938 yang berarti besarnya sumbanganatau proporsi X1-X4 terhadap Y sebesar 93,8%. Motivasi, persepsi, pembelajaran,keyakinan dan sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menjadinasabah BRI Syari’ah (bx1 = 0,154; bx2 = 0,339; bx3 = 0,266; bx4 = 0,246 pada tx1 =3,486; tx2 = 6,036; tx3 = 5,235; tx4 = 4,858 dan t tabel = 1,6614). Persepsi memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan menjadi nasabah BRI Syari’ah (koef. Regresi= 0,339) sehingga Hipotesis II dapat diterima.Berkaitan dengan hasil tersebut, maka bank Syariah perlu memahami faktorinternal perilaku konsumen (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap)karena telah terbukti dapat mempengaruhi keputusan nasabah. BRI Syari’ah perlumensosialisasikan kepada masyarakat tentang konsep bank Syariah denganmendatangi kelompok masyarakat atau melalui penyebaran brosur dan sebagainya.

 

3.145.63.136