Date: 08-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN ANALISIS VALUE CHAIN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PADA PT. GANDUM MALANG

Thesis Detail
Author ERVINA GOENAWAN
Student's ID (NPK) A.2003.1.28100 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword VALUE CHAIN, EFISIENSI BIAYA
Page(s) 100
Submit Date 05-09-2007
Lecture(s) ENGGAR NURSASI SE, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Persaingan global yang semakin tajam menyebabkan karakteristik lingkungan bisnis yang dihadapi oleh manajemen adalah dinamis dan perubahan yang pesat. Oleh karena itu, perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan bisnis seperti itu harus memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi dan perubahan agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, suatu perusahaan harus dapat menyediakan produk yang berkualitas bagi konsumen, tepat waktu dan dengan harga yang sesuai. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan harus benar-benar biaya yang memberi nilai tambah bagi produk sehingga tidak akan ada pemborosan biaya. Oleh karena itu, efisiensi biaya mempunyai arti penting bagi perusahaan dalam mempertahankan keberadaannya didunia bisnis, salah satu caranya adalah melalui analisa aktivitas yang ada didalam perusahaan. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, akuntansi manajemen menawarkan konsep value chain yang memungkinkan perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif. Penciptaan nilai dari bahan baku sampai pembuatan produk jadi oleh konsumen akhir, untuk dapat memahami keunggulan kompetitif suatu perusahaan tidak bisa hanya melihat perusahaan sebagai satu keseluruhan, tetapi dilihat sebagai aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan. Aktivitas-aktivitas tersebut harus diselidiki secara sistematis bagaimana kinerja dan interaksinya. Perusahaan Gandum Malang sebagai perusahaan yang memproduksi rokok akan menerapkan analisis value chain sebagai alat untuk menelusuri aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam perusahaan untuk menciptakan suatu produk, mulai dari tahap pemenuhan bahan baku, pengolahan bahan baku, proses produksi, pemasaran, sampai pada bagian administrasi dan umum, sehingga dapat diketahui pemicu biaya (cost driver) yang timbul dalam aktivitas bernilai tambah (value added activity) dan aktivitas yang tidak bernilai tambah (non value added activity) jika efisiensi biaya dapat dilakukan oleh perusahaan, maka akan sangat menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri, karena selain menambah laba juga akan dapat menambah pasarnya.

 

3.22.181.81