Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PASTA GIGI MEREK PEPSODENT (STUDI KASUS PADA DESA GLAGAHSARI, SUKOREJO-PASURUAN)

Thesis Detail
Author MOKHAMAD RIJAL FANANI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27467 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOTION MIX,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 99
Submit Date 11-05-2007
Lecture(s) Drs. ZAINUL ARIFIN MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalambauran promosi, yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, danpenjualan perorangan terhadap keputusan pembelian produk pasta gigi merekpepsodent oleh konsumen di Desa Glagahsari, Sukorejo Kab. Pasuruan, serta untukmengetahui peubah promotion mix yang mempunyai pengaruh dominan terhadapkeputusan pembelian produk pasta gigi merek pepsodent oleh konsumen di DesaGlagahsari, Sukorejo Kab. Pasuruan.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Desa Glagahsari, SukorejoKab. Pasuruan. Dan sampel yang diperoleh sebanyak 120 responden. Sedangkanmetode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda, korelasi parsial dan regresiberganda.Hasil penelitian pada hipotesis I, peubah bebas, yaitu periklanan (X1),promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3), dan penjualan perorangan (X4)secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusanpembelian (Y) pada produk pasta gigi merek pepsodent oleh konsumen di DesaGlagahsari, Sukorejo Kab. Pasuruan, dapat dibuktikan kebenarannya. Melaluiprogram SPSS, dengan tingkat a = 0.05 (5%) terbukti. Hal ini dapat dilihat darikoefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,900 atau 90%, berarti peubah bebas (X1-X4)mempunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat (Y).Berdasarkan nilai R Square, dapat diketahui bahwa kontribusi peubah bebas terhadapperubahan atau naik turunnya peubah terikat yaitu sebesar 0,809 (80,9%), sedangkansisanya sebesar 0,191 (19,1%) dipengaruhi oleh peubah bebas lain .Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis II, bahwa peubah periklanan(X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian (Y) produkpasta gigi merek pepsodent oleh konsumen di Desa Glagahsari, Sukorejo Kab.Pasuruan, dibandingkan dengan peubah promosi penjualan (X2), hubunganmasyarakat (X3), dan penjualan perorangan (X4). Hal ini dapat dilihat dari besarnyanilai koefisien regresi peubah periklanan (X1) sebesar 0,364 dan nilai korelasi parsialsebesar 0,554 yang merupakan nilai terbesar dibandingkan dengan nilai koefisienregresi dari peubah bebas yang lain.Dari dominansi peubah diatas dapat disarankan, agar . PT. UnileverIndonesia Tbk hendaknya lebih memfokuskan pada periklanan terutama menambahmedia iklan, isi pesan yang lebih menarik sehingga masyarakat mau melakukanpembelian.

 

3.134.81.206