Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA PENCUCIAN CV. AL KAHFI)

Thesis Detail
Author SYAIFUL HIDAYAT
Student's ID (NPK) K.2002.1.27272 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH KUALITAS LAYANAN
Page(s) 80
Submit Date 09-05-2007
Lecture(s) Drs. ALI LATING MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pelayanan kepada konsumen telah menjadi senjata utama dalam usahamemenangkan persaingan seiring banyaknya perusahaan yang akan mempunyaiproduk yang sama untuk ditawarkan kepada konsumen. Kebutuhan akan pelayananjuga dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa setiap organisasi mampu mengelolamodal tetapi hanya sedikit yang mempunyai keunggulan dalam melayani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara buktilangsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-samaterhadap Kepuasan Konsumen dan untuk mengetahui variabel pelayanan yangpengaruhnya dominan terhadap Kepuasan Konsumen .Alat analisis yang digunakan adalah korelasi berganda untuk mdan regresilinier berganda.Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Dari pengujian terhadap hipotesispertama dapat dikatakan bahwa peubah Bukti Langsung(X1), keandalan (X2), dayatanggap (X3), jaminan (X4), jaminan (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruhdengan peubah kepuasan konsumen(Y), yakni dengan koefisien korelasi berganda(Multiple R) sebesar 0,855.Dari pengujian terhadap hipotesis kedua dapat dikatakan bahwa peubah BuktiLangsung didapatkan nilai koefisien regresi (b) pada peubah Bukti Langsung(X1)sebesar 0,189. Berarti Bukti Langsung(X1), mempunyai pengaruh positif yangbermakna pada tingkat kepercayaan α = 5% terhadap kepuasan konsumen(Y)18,9%dengan anggapan X2, X3, X4, dan X5 konstan. Pada peubah keandalan didapatkan nilaikoefisien regresi (b) pada peubah keandalan (X2) sebesar 0,198. Berarti keandalan(X2) mempunyai pengaruh positif yang bermakna pada tingkat kepercayaan α = 5%terhadap kepuasan konsumen (Y) 19,8 % dengan anggapan X1, X3, X4, dan X5konstan. Pada peubah daya tanggap didapatkan nilai koefisien regresi (b) padapeubah keandalan (X3) sebesar 0,304. Berarti daya tanggap (X3) mempunyaipengaruh positif yang bermakna pada tingkat kepercayaan α = 5% terhadap kepuasankonsumen(Y) 30,4 % dengan anggapan X1, X2, X4, dan X5 konstan. Pada peubahjaminan didapatkan nilai koefisien regresi (b) pada peubah jaminan (X4) sebesar0,299 Berarti jaminan (X4) mempunyai pengaruh positif yang bermakna pada tingkatkepercayaan α = 5% terhadap kepuasan konsumen(Y) 29,9 % dengan anggapan X1,X2, X3, dan X5 konstan. Pada peubah empati didapatkan nilai koefisien regresi (b)pada peubah jaminan (X5) sebesar 0,125 Berarti empati (X5) mempunyai pengaruhpositif yang bermakna pada tingkat kepercayaan α = 5% terhadap loyalitas konsumen(Y) 12,5 % dengan anggapan X1, X2, X3, dan X4 konstan.

 

3.137.161.222