Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TABAK’S ART GLASS – BANGIL

Thesis Detail
Author ANDHIKA FERRY ADHI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27130 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISA PENGARUH BAURAN
Page(s) 91
Submit Date 09-05-2007
Lecture(s) Drs. YUPONO BAGYO MS
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalambauran pemasaran, yaitu produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusanpembelian produk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil oleh warga Malang yangpernah membeli atau memilih produk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil, sertauntuk mengetahui peubah bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat)yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk vas bungaPT. Tabak’s Art Glass Bangil oleh masyarakat Malang. Populasi dalam penelitian iniadalah masyarakat Malang, yaitu dari yang pernah membeli dan yang memilihproduk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil. Dan sampel yang dipilih sebanyak50 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda,korelasi parsial dan regresi berganda.Hasil penelitian pada hipotesis I, diperoleh bahwa pendugaan terhadappeubah bebas, yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan tempat (X4) secarabersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan pembelian(Y) pada produk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil oleh masyarakat Malang,dapat dibuktikan kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi berganda(R) sebesar 0,886 atau 88,6%. Berdasarkan nilai R Square, dapat diketahui bahwakontribusi peubah bebas terhadap perubahan atau naik turunnya peubah terikat yaitusebesar 0,785 (78,5%), sedangkan sisanya sebesar 0,215 (21,5%) dipengaruhi olehpeubah bebas lain di luar peubah bebas yang diteliti.Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis II, diperoleh dugaan bahwapeubah produk (X1) mempunyai hubungan dan pengaruh yang dominan terhadapkeputusan pembelian (Y) produk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil olehmasyarakat Malang, dibandingkan dengan peubah harga (X2), promosi (X3), dantempat (X4). Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan alat analisis regresiberganda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah produk(X1) sebesar 0,347 dan nilai korelasi parsial sebesar 0,486 yang merupakan nilaiterbesar dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dari peubah bebas yang lain.Dengan demikian, pengujian hipotesis II yang menyatakan bahwa peubahproduk (X1) merupakan peubah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusanpembelian (Y) pada produk vas bunga PT. Tabak’s Art Glass Bangil oleh masyarakatMalang, dibandingkan dengan peubah harga (X2), promosi (X3), dan tempat (X4)adalah terbukti kebenarannya ekstern perusahaan yang meliputi : kondisi ekonomi,pemerintah pesaing, serta tekhnologi yang semakin mengarah pada kemajuan.

 

3.142.173.227