Date: 13-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

PENGARUH KELUARGA, KELOMPOK REFERENSI, KELAS SOSIAL DAN KEBUDAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON GENGGAM

Detail
Author SUPRIYANTO
ID 202.710.068
Published Date 01-01-1900

Abstract

Pengaruh keluarga, kelompom Referensi, Kelas Sosial dan Kebudayaan terhadap Keputusan Pembelian Telepon Genggam Supriyanto Abstraksi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi terhadap kepuasan pembelian telepon genggam. Objek penelitian adalah mahasiswa di lingkungan STIE Malangkucecwara Malang dengan responden mahasiswa yang masih aktif berkuliah di STIE Malangkucecwara Malang. Jumlah sampel berdasarkan sumber data sekunder Desember 2014 adalah sejumlah 92 yang dibagi menjadi empat angkatan tahun ajaran 2011, 2012, 2013, 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda, uji F dan t. Hasil analisis regresi berganda dapat diketahui F hitung (55,420) lebih besar dari F tabel (2,476) pada probabilitas (p) 0,000 sehingga semua variable yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian signifikan. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas (X1-X4) terhadap peubah terikat sebesar 70,5% dimana sisanya sebesar 29,5% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Kata kunci: keluarga, kelompok referensi, kelas sosial, kebudayaan, keputusan pembelian