Date: 04-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DEWAN KOMISARIS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DI PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMENT YANG TERDAFTAR DI BEI PADA PERIODE 2012-2014

Thesis Detail
Author ALBERTUS MALVIN SANTOSO
Student's ID (NPK) A.2012.1.31842 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword TEORI AKUNTANSI
Page(s) 75
Submit Date 14-09-2016
Lecture(s) Dra. ISTUTIK, Ak., MM., CA


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perkembangan CSR di Indonesia mengalami banyak perubahan , meskipun sekarang sudah diatur dalam undang-undang, namun peraturan tersebut tidak memberikan pedoman khusus mengenai bagaimana dan informasi apa saja yang harus dilaporkan.Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan leverage terhadap pengungkapan CSR secara simultan maupun parsial. Perusahaan tekstil dan garment dipilih untuk menghindari hasil penelitian yang bias. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuatitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan atau menjelaskan suatu keadaan yang bersifat objektif dengan data berupa angka yang diolah dan dianalisis dengan analisis statistik. Sumber data penelitian ini adalah perusahaan tekstil dan garment yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebas terdiri dari ukuran perusahaan, profitabiltas, ukuran perusahaan, leverage, sedangkan variabel terikat terdiri dari pengungkapan CSR. Metodelogi penelitian ini menggunakan asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah secara simultan keempat variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR, secara parsial hanya tiga dari empat variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage. Variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap pengungkapan CSR. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menambah sampel penelitian, tidak hanya perusahaan tekstil saja dan menambah tahun penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

 

18.222.97.243