OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KREDIT DI BUSAN AUTO FINANCE (BAF) CABANG MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | TITIS RAHAYU SENTIKO |
Student's ID (NPK) | K.2004.1.29147 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN KREDIT |
Keyword | KREDIT |
Page(s) | 93 |
Submit Date | 28-08-2008 |
Lecture(s) |
Drs. SUPRIYANTO MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KREDIT DI BUSAN AUTO FINANCE (BAF) CABANG MALANG Harga bahan bakar minyak yang semakin mahal serta biaya hidup yangsemakin tinggi membuat masyarakat semakin selektif dengan pemenuhan kebutuhanakan hidupnya. Meskipun saat ini harga bahan bakar minyak melambung tingginamun pengguna sepeda motor semakin bertambah. Hal ini di karenakan sepedamotor lebih efisien dan efektif kegunaannya. Semakin banyaknya merk sepeda motor maka semakin banyak pulapembiayaan konsumen yang berdiri dan saling bersaing untuk mendapatkankepercayaan masyarakat. Menarik minat masyarakat misalnya dengan penetapantingkat bunga angsuran yang ringan, uang muka yang murah, layanan yangmemuaskan, proses kredit yang cepat, dan promosi yang gencar melalui berbagaimedia hal ini di harapkan dapat memperoleh kepercayaan masyarakat akan manfaatpembiayaan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi kosumen BAF (Busan Auto Finance) mempunyai hubungan danPengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit dan diantara faktor-faktortersebut mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusanpengambilan kredit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankorelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan yang diteliti berdasarkanpada koefisien korelasi. Untuk mengetahui hubungan tersebut diambil 100 orangsebagai sampel dari 1000 populasi metode pengambilan data yang digunakanadalah interview, dokumentasi dan kuesioner, metode analisis yang digunakanadalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari hasil pengujian korelasi yang telah dilakukan maka dapat diketahuibahwa peubah bunga angsuran (X1), promosi (X2), pelayanan (X3) dan proses (X4)secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadapkeputusan pengambilan kredit (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisienkorelasi (R) sebesar 0,889 dengan F hitung sebesar 89,763 yang lebih besar F tabelsebesar 2,45 dan nilai R Square sebesar 0,791. Hasil regresi berganda diketahui thitung masing-masing peubah bebas lebih besar daripada t tabel dan nilai sig tmasing-masing peubah bebas dibawah nilai signifikan 0,05. Hal ini berarti peubahbunga angsuran (X1), promosi (X2), layanan (X3) dan proses (X4) mempunyaipengaruh yang bermakna terhadap keputusan pengambilan kredit (Y). Dari hasil regresi berganda juga dapat diketahui bahwa peubah bunga(X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pengambilan kredit.Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,367 dibandingdengan koefisien regresi promosi (X2), pelayanan (X3) dan proses (X4). Dengan demikian alasan utama (paling kuat) responden untuk mengambilkredit didorong oleh bunga angsuran, seperti rendahnya tingkat bunga angsuran,murahnya biaya administrasi dan denda atas keterlambatan angsuran cukup ringan3.144.48.13