Date: 22-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KARTU SELULER MERK XL (STUDY PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG)

Thesis Detail
Author YOHANES DIDIK SETIAWAN
Student's ID (NPK) K.2004.1.28732 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
Page(s) 125
Submit Date 27-08-2008
Lecture(s) RINA RAHMAWATI SE, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

BAB IV ABSTRAKSI “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KARTU SELULAR MERK XL” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Faktor Internal yang meliputi motivasi (X1), pengamatan (X2), belajar (X3), kepribadian dan konsep (X4), dan sikap (X5), dan Faktor Eksternal yang meliputi kebudayaan (X6), kelas sosial (X7), kelompok sosial dan referensi (X8), dan keluarga (X9) yang secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler merk XL (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlation research). Tujuan penelitian korelasional adalah adalah untuk menentukan ada atau tidaknya korelasi antar variable atau membuat prediksi berdasarkan korelasi yang terjadi diantara peubahnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebagai pengguna barang dan jasa komunikasi dari kartu seluler merk XL. Dari sekian banyak pengguna produk kartu seluler merk XL dan dari data mahasiswa yang masih aktif, peneliti menggunakan sampel sebanyak 150 orang yang menggunakan kartu seluler merk XL dan yang menjadi pengguna kartu seluler merk XL. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan bahwa peubah-peubah motivasi (X1), pengamatan (X2), belajar (X3), kepribadian dan konsep (X4), sikap (X5), kebudayaan (X6), kelas sosial (X7), kelompok sosial dan referensi (X8), dan keluarga (X9) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan peubah keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler merk XL (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,824 dengan uji F hitung sebesar 26,034 > F tabel sebesar 2,04, makakeputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikan kebenarannya. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial, menyatakan bahwa peubah motivasi (X1) mempunyai pengaruh dominan keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler merk XL (Y), yang berarti bahwa dalam mengambil keputusan menggunakan kartu seluler merk XL konsumen lebih banyak dipengaruhi adanya dorongan yang berasal dari dalam dirinya. Hal ini dapat dibuktikan dari besarnya nilai koefisien regresi peubah motivasi (X1) merupakan nilai terbesar (0,213) dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dari peubah bebas yang lain. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah motivasi (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler merk XL (Y) adalah terbukti.

 

10.3.215.2