Date: 22-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK)

Thesis Detail
Author TJAHYONO
Student's ID (NPK) A.2004.1.29044 (AKUNTANSI)
Subject PERILAKU KEORGANISASIAN
Keyword PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL
Page(s) 135
Submit Date 26-08-2008
Lecture(s) RINI MARYUNI HARIYATI SE, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi dankecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap minat MahasiswaAkuntansi PTN untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk); (2) untukmengetahui pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional secara bersama-samaterhadap minat Mahasiswa Akuntansi PTS untuk mengikuti Pendidikan ProfesiAkuntansi (PPAk); (3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikanpengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap minat MahasiswaAkuntansi PTN dan Mahasiswa Akuntansi PTS mengikuti Pendidikan ProfesiAkuntansi (PPAk).Obyek penelitiannya adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2004/2005 (padasaat dilakukan penelitian ini memasuki semester delapan) di tiga PTN (UniversitasBrawijaya Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malang),dan tiga PTS (STIE Malangkuçeçwara Malang, Universitas Muhammadiyah Malang,dan Widya Gama Malang). Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisionerkepada 300 mahasiswa, masing-masing Perguruan Tinggi diambil 50 mahasiswa.Hipotesis yang dikemukakan adalah: (1) H1: Motivasi dan kecerdasanemosional secara bersama-sama mempengaruhi terhadap minat MahasiswaAkuntansi PTN untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk); (2) H 2:Motivasi dan kecerdasan emosional secara bersama-sama mempengaruhi minatMahasiswa Akuntansi PTS untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk);(3) H3: Terdapat perbedaan signifikan pengaruh motivasi dan kecerdasanemosional secara terhadap minat Mahasiswa Akuntansi PTN dan MahasiswaAkuntansi PTS mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).Untuk menguji hipotesis tersebut, digunakan analisis regresi linier bergandadengan hasil sebagai berikut: (1) Hasil uji Hipotesis H1 yaitu secara simultan motivasidan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa PTNmengikuti pendidikan PPAk (nilai F hitung = 227,502 > F tabel = 3,06); (2) Hasil ujiHipotesis H2 yaitu secara simultan motivasi dan kecerdasan emosional berpengaruhsignifikan terhadap minat mahasiswa PTS mengikuti pendidikan PPAk (nilai F hitung= 238,468 lebih besar dari F tabel = 3,06); (3) Hasil uji Hipotesis H3 menunjukkanbahwa H3 ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan minat Mahasiswa AkuntansiPTN dan Mahasiswa Akuntansi PTS mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi(PPAk), atau dengan kata lain minat mahasiswa PTN dan PTS untuk mengikuti PPAkadalah sama (t hitung = 0,314 < t tabel 0,6577 dan probabilitas sebesar 0,754); (4)Secara parsial, peubah motivasi (X1) dan kecerdasan emosional (X2) berpengaruhsignifikan terhadap minat mahasiswa PTN maupun PTS dalam mengikuti PendidikanPPAk (masing-masing t hitung lebih besar dari t tabel).

 

10.1.74.60