Date: 06-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK SYARIAH MANDIRI

Thesis Detail
Author AFIF HABIBIE
Student's ID (NPK) K.2001.1.26223 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERSEPSI KONSUMEN
Page(s) 93
Submit Date 24-09-2007
Lecture(s) Dra. LEILA SALAWATI CHAIRAT M.Si


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen (hadiah, keamanan, pelayanan dan fasilitas) dalam pengambilan keputusan menabung pada Bank Syariah Mandiri serta untuk mengetahui faktor manakah (hadiah, keamanan, pelayanan dan fasilitas) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan menabung pada Bank Syariah Mandiri cabang Malang. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Malang, jumlahnya adalah sebanyak 10% dari anggota populasi atau dapat diambil sejumlah 50 responden dari 500 orang. Adapun teknik dalam pengambilan sampel adalah Accidental Sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis, dari hasil regresi berganda, diperoleh nilai R square sebesar 0,704. Sehingga dapat dikatakan bahwa 70,4 % keputusan menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dipengaruhi oleh hadiah (X1) keamanan (X2) pelayanan (X3) dan fasilitas (X4). Sedangkan sisanya sebesar 29,6 % dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak diambil dalam penelitian atau model lain. Dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi masing-masing peubah bebas, diketahui peubah bebas keamanan (X2) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,618). Sehingga peubah keamanan (X2) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap peubah Y (keputusan menabung). Dari hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 26,771 sedangkan F tabel sebesar 2.37, berarti terdapat hubungan yang signifikant secara serempak antara peubah hadiah (X1) keamanan (X2) pelayanan (X3) dan fasilitas (X4)) terhadap keputusan menabung (Y).

 

10.1.68.191