OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA TABUNGAN PT. BANK CENTRAL ASIA TBK, CABANG BOROBUDUR MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | RINA SRI HARIANI |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.25988 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | KEPUASAN KONSUMEN |
Page(s) | 153 |
Submit Date | 24-09-2007 |
Lecture(s) |
Drs. ANANG AMIR KUSNANTO MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk adanya pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor kualitas jasa yaitu reliabilitas/reliability, daya tanggap/ responsiveness, jaminan/assurance, empati/empathy dan bukti fisik/tangibles secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa tabungan di PT. Bank Central Asia Tbk, Cabang Borobudur Malang dan untuk mengetahui faktor kualitas jasa diantara reliabilitas/reliability, daya tanggap/responsiveness, jaminan/ assurance, empati/empathy dan bukti fisik/tangibles yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa tabungan di PT. Bank Central Asia Tbk, Cabang Borobudur Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Borobudur Malang sampai dengan bulan Desember 2006 sebanyak ± 30.000 nasabah. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung sebesar 62,197 lebih besar dari nilai F tabel 2,29 dan nilai Sig F yang dihasilkan (0,000) di bawah nilai signifikan 0,05. Hal ini berarti peubah-peubah Reliabilitas/Reliability (X1), Daya Tanggap/ Responsiveness (X2), Jaminan/Assurance (X3), Empati/Empathy (X4) dan Bukti Fisik/Tangibles (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Tabungan di PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Borobudur Malang (Y). Nilai R2 sebesar 0,768 menunjukkan peubah-peubah bebas yaitu Reliabilitas/Reliability (X1), Daya Tanggap/ Responsiveness (X2), Jaminan/Assurance (X3), Empati/Empathy (X4) dan Bukti Fisik/ Tangibles (X5) secara bersama-sama menjelaskan peubah terikat Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Tabungan di PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Borobudur Malang (Y) sebesar 76,8% dan sisanya 23,2% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau model. Maka hipotesis I terbukti bahwa peubah-peubah Reliabilitas/Reliability (X1), Daya Tanggap/Responsiveness (X2), Jaminan/Assurance (X3), Empati/Empathy (X4) dan Bukti Fisik/Tangibles (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Tabungan di PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Borobudur Malang (Y). Hasil pengujian hipotesis II diketahui jika peubah Bukti Fi10.1.68.191