Date: 28-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

AUDIT PEMASARAN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN PADA RADIO MAKOBU MALANG

Thesis Detail
Author LOLY OLIVIA
Student's ID (NPK) A.2003.1.28296 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN
Page(s) 103
Submit Date 12-09-2007
Lecture(s) Drs. ALI MURTADHO Ak. MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIPerkembangan dunia bisnis sekarang ini, permasalahan dalam manajemenpemasaran semakin kompleks dan rumit, sehingga manajer pemasaran dituntut untukbenar-benar dapat memperhitungkan dan mengambil kebijakan yang tepat terhadapaktivitas pemasaran yang dilakukan. Hal ini memerlukan audit pemasaran yaitupemeriksaan dan penilaian secara kritis, sistematis dan analitis atas pelaksanaankegiatan yang merupakan pelaksanaan kebijakan di bidang pemasaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana audit pemasaran dapatdigunakan sebagai dasar penilaian efektivitas fungsi pemasaran Radio MakobuMalang. Audit pemasaran meliputi audit lingkungan pemasaran, audit pelaksanaanstrategi pemasaran, audit organisasi pemasaran, audit sistem pemasaran, auditproduktivitas pemasaran dan audit fungsi pemasaran. Dengan menggunakan analisisdiskriptif, data-data yang diperoleh diklasifikasikan agar lebih mudah dipelajari danditafsirkan, diinterpretasikan kemudian disimpulkan sehingga diperoleh gambaranyang jelas tentang audit pemasaran yang dapat digunakan sebagai dasar penilaianefektivitas fungsi pemasaran.Wilayah pemasaran Radio Makobu adalah Malang Raya, Surabaya, JawaTengah, Bali dan Jakarta. Segmen pasar yang dituju adalah working people,university dan ibu muda yang chick pada kelas ekonomi menengah atas, sedangkansasaran sebagai pemasang iklan adalah instansi, lembaga atau organisasi maupunbadan usaha (perusahaan) baik produk maupun jasa.Hasil temuan adalah: (1) lingkungan pemasaran secara umum telahmendukung aktivitas radio; (2) Strategi pemasaran terpadu yang diterapkan sudahtepat; (3) Organisasi pemasaran sudah terstruktur dan menjalankan fungsinya denganbaik; (4) Sistem pemasaran dapat berjalan dengan baik dan sistematis, cakupaninformasi dapat diperoleh dengan bekerja sama dengan pihak lain yang cukupmemadai; (5) Adanya indikasi kesalahan dalam mengambil keputusan khususnyadalam melakukan penurunan frekuensi marketing visit sehingga menimbulkanpenurunan pendapatan; (6) Fungsi pemasaran belum efektif karena terjadi penurunanpendapatan radio (dari iklan) mencapai 44,8% pada tahun 2006.Berkaitan dengan hasil temuan tersebut, dalam rangka menilai efektivitasfungsi pemasaran, maka radio Makobu perlu melakukan audit pemasaran yangmeliputi audit lingkungan pemasaran, audit pelaksanaan strategi pemasaran, auditorganisasi pemasaran, audit sistem pemasaran, audit produktivitas pemasaran danaudit fungsi pemasaran. Produktivitas pemasaran diarahkan untuk meningkatkanjumlah pendengar dan pendapatan iklan dengan memberikan program acara yangmenarik dan sesuai dengan keinginan klien. Meningkatkan frekuensi marketing visitbaik secara regional maupun nasional. Untuk regional minimal 5 kali dalam satutahun dan untuk nasional minimal 12 kali dalam satu tahun.

 

10.1.141.218