OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PERANAN MANAJEMEN PIUTANG DALAM MENGELOLA TUNGGAKAN REKENING TELEPON UNTUK MENINGKATKANPENDAPATAN USAHA PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PADA PT. TELKOM,TBK KANTOR CABANG BLIMBING MALANG )
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ARI SATRIYO UTOMO |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.28556 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN KEUANGAN |
Keyword | MANAJEMEN PIUTANG |
Page(s) | 114 |
Submit Date | 04-09-2007 |
Lecture(s) |
UKE PRAJOGO S.TP, MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Dengan perkembangan jaman yang semakin maju menjadikan telepon merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan dan rutinitas sehari-hari dan menjadikan telepon selama ini dipergunakan sebagai alat komunikasi utama. Akan tetapi pelayanan jasa yang disediakan oleh PT. Telkom tidak diimbangi dengan kesadaran sebagian pelanggan untuk membayar rekening telepon dengan tepat waktu dan cenderung melakukan penunggakan pembayaran atas jasa yang telah dipakai. Dengan tidak adanya kesadaran tersebut, maka PT. Telkom sebagai penyedia fasilitas secara otomatis akan mengalami kerugian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan manajemen piutang dalam mengelola tunggakan rekening telepon pada PT. Telkom, dengan menggunakan pembanding perusahaan lain di luar negeri. Data yang digunakan sebagai bahan analisis adalah laporan keuangan tahun 2004 dan 2005.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif kualitatif karena penelitian ini merupakan studi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapai oleh PT. Telkom dan mencari pemecahannya, yaitu dengan menambahkan jasa dari Agency Collection sebagai badan yang dipercaya PT. Telkom untuk melakukan penagihan atas piutang yang macet dan melakukannya dengan berdasarkan data dan informasi yang relevan sehingga penelitian ini dapat memberikan jalan keluar bagi perusahaan.Hasil penelitian dapat diketahui secara keseluruhan bahwa Receivable Turnover PT. Telkom ialah 20,455 kali, average coll periodnya ialah 18 hari, dan Aging accountnya ialah 17%, setelah menggunakan jasa Agency Collection untuk menagih tunggakan yang tidak terselesaikan (bad debt) ternyata pendapatan usaha dari perusahaan meningkat sebesar Rp. 68.468.000 pada bulan Agustus 2004 dan jumlah ini akan mengalami perkembangan yang bagus jika Agency Collection mau menagih tunggakan pada bulan-bulan sebelumnya.PT. Telekomunikasi Indonesia dapat memberikan rangsangan kepada pelanggan supaya mau membayar tepat waktu, yaitu antara lain dengan cara memberikan hadiah yang diundi setiap bulan, sehingga pelanggan melakukan pembayarannya dengan tepat waktu. Hal ini patut untuk dijadikan bahan pertimbangan karena untuk menghindari pelanggan yang melakukan penunggakan. Dan melakukan pengawasan secara langsung kepada debt collector yang bertugas, dengan cara melibatkan orang dalam perusahaann (PT. Telkom) pada saat debt collector melakukan penagihan kepada pelanggan. Agar perusahaan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan dari aktivitas debt collector.10.2.70.64