OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ABSTRAKSI PENERAPAN PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PELANGGAN DENGANPENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT. SUMBER SUKO GROUP MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | DIMAS DARMAWAN |
Student's ID (NPK) | A.2003.1.28365 (AKUNTANSI) |
Subject | AKUNTANSI MANAJEMEN |
Keyword | BALANCED SCORECARD |
Page(s) | 75 |
Submit Date | 04-09-2007 |
Lecture(s) |
MUNIROH SE, MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSIPENERAPAN PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT. SUMBER SUKO GROUP MALANGUpaya pengukuran efektifitas strategi perusahaan melalui penerapan balanced scorecard juga melibatkan upaya yang sangat penting, yaitu pengukuran kinerja. Suatu organisasi harus mempunyai visi yang jelas dan dapat mengukur strategi bukan hanya untuk jangka pendek tetapi juga jangka panjang. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan berikut: “Bagaimana penilaian kinerja operasional PT. Sumber Suko Group Malang dari aspek perspektif keuangan dan perspektif pelanggan dengan pendekatan balanced scorecard ?”.Dari financial perspective, sasaran strategik yang telah ditetapkan belum tercapai maksimal dan dari semua dimensi mengalami peningkatan dan kestabilan. Tetapi perusahaan tetap belum bisa menghasilkan nilai yang lebih baik dari tahun sebelumnya untuk shareholder. Penyebab dari penurunan shareholder value ini dikarenakan oleh adanya ketidakefektifan dalam penggunaan biaya produksi dengan semakin bertambahnya pengeluaran kas atas biaya, akibat dari keadaan perekonomian yang belum pulih.Dari customer perspective, sasaran strategik telah tercapai, karena adanya peningkatan total penjualan pada customer baru. Ini dapat dilihat pada peningkatan costumer acquisition. Walaupun terjadi penurunan penjualan pada costumer tetap mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dengan meningkatnya costumer retention dari segi total customernya. Kondisi ini disebabkan oleh belum pulihnya kondisi perekonomian sehingga daya beli dari customer tetap menurun.Interpretasi dari penelitian ini, jika dilihat dari kedua perspektif balanced scorecard yang sudah diukur menunjukkan indikasi yang semakin membaik. Meskipun kondisi dari financial perspective dan customer perspective masih ada hasil yang kurang menggembirakan, tidak berarti buruk bagi perusahaan dalam jangka panjang. Financial perspective dan customer perspective yang kurang menggembirakan tersebut disebabkan oleh meningkatnya biaya produksi dan biaya usaha, serta semakin banyak pesaing dalam meraih pangsa pasar. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kinerja dari PT. Sumber Suko Group Malang bisa dikatakan baik, walaupun belum dicapai keseimbangan financial dan non financial-nya, karena hasil dari financial perspective merupakan perwujudan dari hasil customer perspective lainnya.Keyword : Balanced Scorecard, Financial Perspective dan Customer Perspective10.2.70.64