OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA RUMAH KOST (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA – MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | FARIS SETIAWAN |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.26988 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN |
Page(s) | 101 |
Submit Date | 01-05-2007 |
Lecture(s) |
Drs. ALI LATING MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa diantaranya faktorekstern, yaitu lingkungan masyarakat dimana ia dilahirkan dan dibesarkan yaitukebudayaan dan sub kebudayaan, kelas sosial, kelompok sosial dan referensi dankeluarga. Selain faktor ekstern, faktor intern juga sangat berpengaruh terhadapperilaku konsumen, bahkan lebih kuat daripada faktor ekstern karena faktor internbekerja dari dalam individu sendiri antara lain motivasi, persepsi, belajar, kepribadiandan sikap. Sebelum menetapkan atau melakukan pembelian terhadap suatu produk,masyarakat dihadapkan pada suatu proses pembentukan image atau pandangan yangsenantiasa menjadi dasar dalam menggunakan jasa rumah kost. Perkembangan bisnisrumah kost di kota Malang semakin pesat seiring dengan meningkatnya pertumbuhandi sektor pendidikan. Untuk menampung pengguna jasa rumah kost, maka banyakpihak telah membangun rumah kost dengan berbagai fasilitas dan layanan yangmenarik. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif maka setiap penyedia jasa koskosandituntut untuk mampu memuaskan konsumennya. Mahasiswa sebagaikelompok yang dianggap memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup, sertamemiliki kemampuan dalam mengambil keputusan dalam menggunakan jasa rumahkost tidak terlepas dari aktivitas dalam proses pengambilan keputusan pembeliantersebut.Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor internal perilaku konsumen yangterdiri dari motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, dan sikap mempunyai pengaruhterhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa rumah kost dan untukmengetahui faktor internal perilaku konsumen manakah diantara motivasi, persepsi,belajar, kepribadian, dan sikap yang mempunyai pengaruh dominan terhadappengambilan keputusan menggunakan jasa rumah kost.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwapeubah bebas yang terdiri atas peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3),kepribadian (X4) dan sikap (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruhsignifikan terhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa rumah kos (Y), karenanilai F hitung 41,313 lebih besar dari F tabel 2,37 pada tingkat signifikan 5%,Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,835 dan determinasi berganda (R²)sebesar 0,697 berarti 69,7% pengambilan keputusan menggunakan jasa rumah kosdisebabkan oleh perubahan peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3),kepribadian (X4) dan sikap (X5) secara bersama-sama dan sisanya yang 30,3% atau0,303 disebabkan oleh peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini.Diperoleh t hitung pada peubah motivasi (X1) sebesar 10,992, persepsi (X2) sebesar4,726, belajar (X3) sebesar 4,364, kepribadian (X4) sebesar 3,122, dan sikap (X5)sebesar 2,838 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6620 maka keputusan terhadap Hoditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebassecara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat dapatditerima.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubahmotivasi (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusanmenggunakan jasa rumah kos (Y). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisienregresi peubah motivasi (X1) yang mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggiyaitu sebesar 0,401 jika dibandingkan dengan peubah persepsi (X2) dengan nilaikoefisien regresi sebesar 0,186, belajar (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar0,167, kepribadian (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,125 dan sikap (X5)dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,118. Karena peubah motivasi (X1)mempunyai koefisien lebih tinggi dibanding peubah persepsi (X2), belajar (X3),kepribadian (X4) dan sikap (X5) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha10.1.193.104