Date: 02-08-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH TELKOMFLEXI

Thesis Detail
Author AFIANZA PRIA HUTAMA DALIMUNTHE
Student's ID (NPK) K.2002.1.27634 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Page(s) 111
Submit Date 09-03-2007
Lecture(s) Dra. LINDANANTI MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAMPENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH TELKOMFLEXI(Riset Pada Warga Jl. Satria Balearjosari Malang)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel perilaku konsumen,yakni kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan persepsi secarasimultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian Telkomflexi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankorelasional (correlation research). Tujuan penelitian korelasional adalah untukmendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada satu atau lebih fakta lain berdasarkan padakoefisien korelasi.Populasinya adalah warga Balearjosari Malang yang menggunakan Telkomflexisebanyak 123 kepala keluarga. Selanjutnya populasi tersebut akan diolah denganmenggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. Adapun alasanmenggunakan rumus Slovin adalah untuk mendapatkan sampel yang representatif danlebih pasti atau mendekati populasi yang ada. Berdasarkan hasil perhitungan rumusSlovin, maka penentuan besarnya sampel, yaitu 55 orang.Dari hasil pengujian hipotesis I, yaitu dengan uji F, menyatakan terdapatpengaruh yang signifikan antara variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi(X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabelpersepsi (X6) secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian Telkomflexi (Y),terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,682dengan uji F hitung sebesar 17,170 > F tabel sebesar 2,34, maka keputusannya Ho ditolakdan Ha diterima.Dari hasil pengujian hipotesis II, yaitu dengan uji t, menyatakan terdapatpengaruh yang signifikan antara variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi(X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabelpersepsi (X6) secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian Telkomflexi (Y),terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,682dengan nilai uji t hitung semua variabel bebas > t tabel, maka keputusannya Ho ditolakdan Ha diterima.Dari hasil pengujian hipotesis II, yaitu dengan uji t, diketahui bahwa variabelvariabel keluarga (X3) berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelianTelkomflexi (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan pengaruhnya terhadapkeputusan pembelian Telkomflexi. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisienkorelasi parsial dari variabel variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabellainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,506 dan 0,427 dengan uji t hitung sebesar 4,819 > ttabel sebesar 1,6772.Keywords : Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian

 

10.3.63.58