Date: 01-11-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PERSPEKTIF PELANGGAN DALAM BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENDUKUNG OPERASIONAL BAGIAN PEMASARAN GUNA MERAIH PANGSA PASAR DI PT. AQUA DENPASAR

Thesis Detail
Author DENI HENDRYANTO
Student's ID (NPK) K.981.22133 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,PERSPEKTIF,PELANGGAN,BALANCED SCORECARD
Page(s) 69
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah Untuk menilai kinerja operasional PT. Aqua Denpasar dari perspektif pelanggan dengan pendekatan balanced scorecard dan sebagai bahan referensi bagi PT. Aqua Denpasar dalam menetapkan kebijaksanaan dan strategi peningkatan pelayanan pelanggan. Dari hasil analisis, dapat diinterpretasikan sebabgai berikut : a.Customer Acquisition Solusi yang harus dilakukan oleh PT. Aqua Denpasar adalah melakukan promosi, yaitu pada tahun 2002 melalui audio, seperti pemasangan iklan di radio, di tahun 2003 secara visual, seperti baliho, spanduk dan brosur, sedangkan di untuk 2004, yaitu dengan menjadi sponsorship pada event-event tertentu, misalnya konser musik, pameran dan event-event lainnya bahkan langkah terbaru yang diterapkan adalah dengan cara sweet change atau sampel air mineral. b.Throughput Time Solusi yang harus dilakukan oleh PT. Aqua Denpasar supaya proses pengiriman ke customer tidak ada keterlambatan atau minimal berkurang adalah menambah tenaga kerja khusus bagian pengiriman dan menambah jumlah gudang atau membuka outlet (distributor) dibeberapa daerah dekat pangsa pasar. c.Customer Retention Solusi yang harus dilakukan PT. Aqua Denpasar perusahaan benar-benar memperhatikan komplain yang terjadi selama ini, sehingga jumlah komplain secara keseluruhan menurun dan konsumenpun merasa diperhatikan kebutuhannya yang dengan sendirinya tercipta hubungan yang harmonis antara konsumen dan produsen. d.Number of Complaint Solusi yang harus dilakukan PT. Aqua Denpasar adalah merubah sistem pelayanan yang ada dengan lebih terkoordinir dan profesional, yaitu dengan menempatkan atau menambah jumlah tenaga kerja lebih ahli, sehingga kasus di atas tidak perlu lagi muncul. e.Bertambahnya Customer Baru Solusi yang harus dilakukan PT. Aqua Denpasar supaya jumlah customer baru setiap tahunnya bertambah adalah perusahaan memberikan diskon harga pada customer baru yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, biasanya 5% dari harga jual/karton. Selain itu melalui souvenir, bisanya berupa kalender, asbak, payung dan lainnya, sedangkan untuk bonus, seperti kartu ucapan pada hari raya atau hari penting lainnya dan parcel pada customer, paling tidak satu tahun sekali, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas customer pada produk dari PT. Aqua Denpasar. f.Non Value Added Time Solusi yang harus dilakukan PT. Aqua Denpasar untuk mengurangi non value added time adalah pihak manajemen mengevaluasi throughput, melalui pengeliminasian non value added time dan sebisa mungkin merubahnya menjadi value added time, seperti menelusuri setiap aktivitas yang terjadi dari berbagai dimensi, baik dari dimensi pelayanan pada pelanggan maupun operasional perusahaan. g.Pangsa Pasar Relatif Solusi yang harus dilakukan PT. Aqua Denpasar untuk meningkatkan pangsa pasar adalah merubah dan mengevaluasi ulang atas harga dan kualitas dari produk air mineralnya serta mengambil kebijaksanaan, seperti membuat produk baru yang fokusnya pada jenis air mineral dengan bermacam-macam rasa dan roma, karena konsumen sekarang lebih peka dan sudah mengerti resiko menggunakan produk yang diolah dengan teknologi atau mesin (penyulingan). Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan lebih serius menyikapi hal tersebut, karena air mineral yang berasa dibandingkan air mineral yang selama ini beredar di pasar memiliki daya tarik tersendiri, sehingga konsumen dapat mempertimbangkan keberadaan jenis produk ini karena dari sisi harga dari produk air mineral sebelumnya.

 

18.226.181.14