Date: 01-11-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI WIJAYA DEPARTEMEN STORE BANYUWANGI

Thesis Detail
Author SAMSUL MA’ARIF
Student's ID (NPK) K.2000.1.25245 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISA,KONSUMEN,DEPARTEMEN STORE
Page(s) 64
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) NURMA MASTUR DJATMIKO Dra
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Untuk mencapai kepuasan tertinggi sebelum memutuskan produk mana yang layak dibeli setiap konsumen akan mempertimbangkan faktor lokasi, harga, iklan dan promosi penjualan serta pelayanan. Penelitian mengenai kebiasaan membeli dan motif mengapa konsumen menyukai produk tertentu, kapan konsumen akan membeli merupakan aspek penting usaha pemasaran sehingga perusahaan benar-benar memahami bagaimana konsumen memberi tanggapan terhadap ciri produk, harga dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh faktor-faktor seperti lokasi, harga, iklan dan sales promotion, serta pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Wijaya Departement Store Banyuwangi. Untuk mengetahui peubah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan realibilitas, Uji F dan Uji t, koefisien korelasi parsial dan regresi berganda. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa setelah diuji bersama-sama antara peubah bebas terhadap peubah terikat, maka dihasilkan nilai korelasi sebesar 0,802 (multipler) dengan nilai determinasi sebesar 0, 664 dan nilai Fhitung sebesar 42,876 lebih besar dari Ftabel pada a = 5% sebesar 2,53 menghasilkan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa peubah bebas dan peubah terikat terdapat hubungan yang sangat erat dengan tingkat hubungan sebeasr 66,4%. Hasil pengujian antara peubah keputusan pembelian terhadap peubah lokasi, harga, iklan dan promosi, pelayanan menghasilkan nilai regresi masing-masing 0,89, 0,162, 0,180 dan 0,282sedangkan nilai t hitungnya masing-masing sebesar 3,090, 6,328, 5,820 dan 8,131 dengan t tabelnya sebesar 1,66. Dengan demikian antara peubah bebas dengan peubah terikat terdapat pengaruh atau dengan kata lain saling berhubungan. Dari hasil pengujian regresi berganda ini, dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Maka antara peubah lokasi, harga, iklan dan promosi serta pelayanan mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Jadi konsumen dalam melakukan pembelian sangat dipengaruhi oleh tingkat lokasi, harga, iklan dan promosi, pelayanan. Dari analisis secara parsial tersebut dapat dibuktikan bahwa semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah terikat.Dan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah peubah pelayanan. Hal ini ditunjukkan dari koefisien regresi terbesar diantara peubah bebas yang lain yaitu sebasar 0,282 dan koefisien korelasi parsial yang paling besar diantara peubah bebas yang lain yaitu 0,641. Jadi hipotesis yang menduga bahwa peubah pelayanan berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan. Dari hasil tersebut diatas dapat ditarik suatu simpulan bahwa diantara faktor intern (lokasi, harga, iklan dan promosi, pelayanan) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah faktor pelayanan (X4) dengan prosentase sebesar 64,1%

 

18.221.188.161