Date: 01-11-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS DIMENSI RETAIL SERVICE QUALITY YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO BUKU DISKON TOGAMAS MALANG

Thesis Detail
Author ANDINA PARAMITHA SARI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26390 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS DIMENSI RETAIL SERVICE QUALITY
Page(s) 104
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pemahaman mengenai perilaku konsumen merupakan kunci kesuksesan utama bagi para pemasar. Setidaknya terdapat tiga alasan fundamental mengenai pentingnya studi perilaku konsumen. Pertama, pencapaian tujuan bisnis dilakukan memalui penciptaan kepuasan pelanggan, dimana pelanggan merupakan fokus setiap bisnis. Melalui pemahaman atas perilaku konsumen, seorang pemasar bisa benar-benar mengetahui apa yang diharapkan pelanggan. Kedua, studi perilaku konsumen dibutuhkan dalam rangka mengimplementasikan orientasi pelanggan, untuk itu dibutuhkan pengembangan “customer culture”, yaitu budaya organisasi yang mengintegrasikan kepuasan pelanggan dalam visi dan misi perusahaan, serta memanfaatkan pemahaman atas perilaku konsumen sebagai masukan dalam merancang setiap keputusan dan rencana pemasaran. Ketiga, salah satu fakta yang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang adalah konsumen. Konsekwensinya, kita juga harus mempelajari cara menjadi konsumen dalam konteks pemasaran jasa. Dalam mencapai Strategi pemasaran yang tepat dan baik untuk diterapkan salah satunya dapat dilihat dari kualitas jasa yang diterapkan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah toko buku, karena item-item kualitas jasa yang diterapkan dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian atas produk yang dijual di dalam toko tersebut, khususnya atas produk buku. Apabila perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan dan inginkan oleh konsumen maka perusahaan dapat kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumennya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh secara bersama-sama antara variabel-variabel kualitas jasa ritel yang terdiri atas physical aspect, reliability, personal interaction, problem solving dan policy terhadap keputusan pembelian pada toko buku. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan mengambil sampel sebanyak 202 orang yang merupaka pengunjung di Toko Buku Diskon Toga Mas Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan cara penyebaran kuesioner. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakn analisis korelasi dan regresi berganda. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa variabel-variebel kualitas jasa ritel yang terdiri atas physical aspect, reliability, personal interaction, problem solving dan policy secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko buku, dan variabel personal interaction sebagai variabel yang dominan diantara variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan variabel physical aspect, reliability, personal interaction, problem solving dan policy secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada toko buku dengan angka korelasi berganda sebesar 0,538 dan tingkat signifikan 0,000 serta nilai F hitung sebesar 15,977. Selain itu nilai R square yang diperoleh sebesar 29,0%. Secara parsial variabel personal interaction merupakan variabel yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan pembelian pada toko buku dengan t hitung sebesar 3,031. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi kualitas jasa ritel dapat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pada toko buku. Oleh karena itu dalam menawarkan produknya, perusahaan (toko buku) hendaknya memperhatikan kelima variabel tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen terutama variabel personal interaction yang menjadi pertimbangan utamanya.

 

3.129.195.45