OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH JENIS TABUNGAN DI BANK BNI 1946 CABANG GRESIK
Thesis Detail | |
---|---|
Author | NANIK RATNAWATI |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.26499 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA (MARKETING ( MIX) |
Page(s) | 95 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Bank Negara Indonesia (BNI) 1946 adalah bank milik negara yang senantiasa bersaing dengan bank–bank milik negara lain juga bank swasta lainya dalam menggaet konsumennya. BNI 1946 cabang Gresik merupakan bank yang terbesar di kota Gresik, gerak operasinya sudah cukup luas sampai dengan di daerah–daerah sekitar Gresik. Untuk menggaet konsumen bank BNI 1946 cabang Gresik menerapkan bauran pemasaran jasa agar dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan nasabahnya. Sebab untuk mencapai suatu keberhasilan dalam memasarkan produknya bukan suatu hal yang mudah, karena memasarkan produk bukan hanya menjual jasa, akan tetapi pemasar (Marketer) berusaha agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan seleranya. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui pada pengujian hipotesis I terbukti bahwa peubah–peubah bauran pemasaran jasa, yaitu produk, harga, promosi, tempat/Saluran distribusi, People, proses, dan pelayanan secara bersama–sama mempunyai keeratan hubungan yang bermakna terhadap keputusan memilih jenis tabungan di bank BNI cabang Gresik terbukti kebenarannya. Berdasarkan koefisen determinasi ganda (R2) sebesar 64 % atau 0,640, dimana sisanya sebesar 36% di pengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Sedangkan hasil penelitian pada hipotesis II dengan pendugaan masing-masing peubah produk, harga, promosi, tempat/Saluran distribusi, People, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan memilih jenis tabungan di bank BNI 1946 cabang Gresik. Setelah dilakukan pengujian secara regresi berganda dan korelasi parsial bahwa yang peubah yang dominan pengaruhnya adalah peubah proses dan peubah pelayanan, karena dengan mengetahui besarnya koefisen regresi yang paling dominan adalah pada peubah pelayanan sebesar 0,317, dan nilai pada korelasi parsial yang paling dominan adalah pada peubah proses adalah 0,552. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan pelayanan yang baik melalui layanan jasa yang diberikan baik sebelum transaksi, saat transaksi, maupun setelah transaksi, yaitu ketersediaan formulir (selalu siap sedia), papan informasi yang jelas, dan papan informasi yang jelas, kemudahan pembukaan, penyetoran, dan penutupan, kemudahan penarikan dan pengiriman uang, dan kecepatan koreksi kesalahan nasabah sebaiknya bank BNI 1946 cabang Gresik perlu memperhatikan konsumennya sebagai calon nasabah dan nasabah bank.18.117.104.53