Date: 01-11-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN AUDIT OPERASIONAL ATAS OPERASI PEMASARAN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA PERUSAHAAN FURNITURE PT. EVATA SURABAYA

Thesis Detail
Author YENNI MURANDANI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26083 (AKUNTANSI)
Subject AUDIT
Keyword PERANAN,AUDIT,OPERASIONAL,EFEKTIVITAS,EFISIENSI
Page(s) 85
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam usaha mengoptimalkan hasil kerja, perusahaan seringkali dihadapkan pada berbagai masalah, salah satu diantaranya masalah di bidang pemasaran. Permasalahan yang dihadapi PT. Evata Surabaya adalah belum tercapainya target penjualan yang telah ditentukan. Dan bila terjadi penyimpangan terhadap kriteria efisiensi dan efektivitas yang telah ditetapkan akan mengakibatkan tujuan perusahaan tidak tercapai. Berdasarkan hal tersebut dapatlah diketahui bahwa pemeriksaan sangat diperlukan dalam membantu manajemen menjalankan kegiatan operasionalnya. Salah satu alat yang dipakai untuk menilai efektivitas dan efisiensi adalah dengan memanfaatkan pemerluasan operasional. Pemeriksaan operasional ini dilakukan dalam 4 tahap, yaitu : tahap perencanaan yang mencakup ruang lingkup tujuan pemeriksaan operasional; tahap pemeriksaan pendahuluan yang mencakup analisis komponen-komponen audit pemasaran; tahap pemeriksaan lanjutan yang mencakup prosedur analisis dan pengujian substantif dan tahap pelaporan dan tindak lanjut yang mencakup laporan hasil pemeriksaan operasional atas operasi pemasaran. Dalam tahap perencanaan, pemeriksaan dilakukan pada kegiatan operasional yang meliputi : bagian administrasi dan akuntansi, bagian gudang, bagian operasional dan bagian keuangan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan fungsi pemasaran dan penjualan, untuk memeriksa pengaruh permasalahan tersebut terhadap kinerja fungsi pemasaran dan penjualan, untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran dan penjualan berdasarkan standar yang telah ditetapkan dan untuk membantu fungsi pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan kinerjanya berdasarkan penilaian dan rekomendasi yang telah dibuat. Dari tahap ini dapat dikatakan kinerja dari masing-masing bagian sudah cukup baik. Pada tahap pemeriksaan pendahuluan dilakukan analisis lingkungan pemasaran, analisis strategi pemasaran, analisis organisasi pemasaran, analisis sistem pemasaran dan analisis fungsi pemasaran. Analisis organisasi pemasaran ditemukan bahwa organisasi pemasaran ada perangkapan jabatan di bagian pemasaran. Di tahap pemeriksaan lanjutan dilakukan 2 langkah, yaitu prosedur analitis dan pengujian substantif. Dalam prosedur analitis dilakukan analis perbandingan pada biaya pemasaran dan penjualan sedangkan dalam pengujian substantif dilakukan analisa efisiensi, analisa efektivitas dan penilaian efektivitas dan efisiensi. Tahap akhir yang dilakukan adalah tahap pelaporan dan tindak lanjut tahap ini berupa laporan hasil pemeriksaan operasional atas operasi pemasaran dan daftar temuan pemeriksaan operasional pada bagian pemasaran. Hasil audit pada PT. Evata Surabaya struktur organisasi perusahaan belum dapat dikatakan baik karena masih terdapat perangkapan jabatan dan kurang tegasnya pemisahan fungsi pada bagian pemasaran dan penjualan, sistem informasi pemasaran pada pengendalian pemasaran hanya dilakukan Jika terjadi masalah, sedangkan untuk penilaian operasi pemasaran tahun 2004 telah mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi.

 

3.145.94.43