Date: 18-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERAN PENERAPAN KONSEP IKIGAI DAN OMOTENASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI HOTEL AIR PANAS RYOKAN ADUMAYA

Thesis Detail
Author FRANSISKA PRISILIA WITHIN
Student's ID (NPK) K.2021.1.35520 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword IKIGAI, OMOTENASHI, PELAYANAN HOTEL, PRAKTIK KERJA
Page(s) 60
Submit Date 15-04-2025
Lecture(s) Drs.EKO SUDJAWOTO, M.M.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Laporan ini berfokus pada penerapan konsep Ikigai dan Omotenashi pada staf dan tamu Hotel. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama satu tahun, mulai 2 April 2024 hingga 25 Maret 2025, dengan penugasan sebagai manajemen kamar. Laporan ini mengkaji penerapan konsep ikigai dan omotenashi pada staf dan tamu hotel. Hotel Air Panas Ryokan Adumaya, sebagai salah satu destinasi wisata di Jepang, terkenal dengan konsep perhotelan dengan pemandian air panas yang mengutamakan kenyamanan dan kepuasan tamu. Dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, Ryokan Adumaya mengintegrasikan dua konsep budaya Jepang yang kuat: Ikigai dan Omotenashi. Konsep Ikigai yang artinya apa yang kita cintai, apa yang kita sukai, apa yang dibutuhkan dunia dan apa yang memberikan kita penghasilan. Dan Omotenashi Keramahtamahan adalah sikap ramah dan perhatian yang ditunjukan oleh staf hotel kepada pelanggan.

 

18.221.40.70